banner 728x250

17 ABK KM Karya Indah Diamankan Polisi, Penyebab Kebakaran Belum Diketahui

  • Bagikan
KM. Karya Indah pasca mengalami kebakaran di perairan Pulau Limafatola, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Sabtu (29/5/2021). (FOTO: BASARNAS TERNATE)
banner 468x60

TERNATE, SENTRALTIMUR.COM – Kepolisian Resor Kepulauan Sula, Maluku Utara, mengamankan 17 anak buah kapal KM Karya Indah.

Mereka diamankan untuk dimintai keterangan penyebab terbakarnya kapal di perairan Pulau Lifmatol, Sabtu (29/5/2021).

Wakapolres Kepulauan Sula, Kompol Arifin Laode Buri menyampaikan seluruh ABK KM Karya Indah sudah diamankan di Polres Kepulauan Sula untuk dimintai keterangan.

“Seluruh awak kapal kami amankan untuk dimintai keterangan terkait penyebab kapal itu terbakar,” ujar Arifin.

Polisi masih belum mengetahui penyebab terbakarnya kapal milik PT Ajul Safikram Lines itu. Arifin mengatakan Polres Kepulauan Sula akan menerjunkan tim menuju bangkai kapal untuk menyelidiki penyebab terbakarnya KM Karya Indah tersebut.

Polisi juga akan meminta bantuan Laboratorium Forensik untuk mengungkapkan penyebab terbakarnya kapal berkapasitas 1.148 gross ton tersebut.

“Besok tim Polairud akan menuju bangkai kapal untuk menyelidiki penyebab terbakarnya kapal. Jika harus membutuhkan bantuan Labfor, maka Polres akan meminta bantuan Labfor,” tuturnya.

Arifin mengatakan seluruh ABK akan dimintai keterangan terlebih dahulu guna mengetahui penyebab terbakarnya KM Karya Indah.

KM Karya Indah bertolak dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate menuju Kepulauan Sula, Maluku Utara, Jumat (28/5/2021) sekitar pukul 16.00 WIT.

Kapal dijadwalkan tiba di Sanana pada Sabtu (29/5/2021) sekitar pukul 10.00 WIT. Namun 3 jam sebelum kedatangannya, sekitar pukul 07.00 WIT kapal tersebut terbakar di perairan Pulau Limafatola.

Pada saat kejadian, kapal yang dinakhodai Mahmudin Lahudi membawa 14 orang ABK dan 181 orang penumpang yang terdiri dari 155 orang dewasa, 22 anak dan 4 lansia. Namun saat evakuasi pascakebakaran, penumpang yang terdata mencapai 275 orang, sedangkan satu penumpang masih dinyatakan hilang. Sedikitnya 95 penumpang di luar manifest ikut menumpang di kapal naas tersebut.

Kebakaran KM Karya Indah diduga berasal dari ruang kamar mesin. Api menyebar ke seluruh badan kapal dan penumpang sebagian panik melompat ke laut menyelamatkan diri. (CNN/RED)

  • Bagikan