banner 728x250

Artefak Peninggalan Nabi Muhammad SAW Dipamerkan di Ambon, Warga Terharu & Menangis

  • Bagikan
ARTEFAK NABI
Artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW dan sahabat dipamerkan dalam festival Al Mulk di auditorium Universitas Pattimura selama 12 hari, mulai 13-24 Mei 2024. (SENTRALTIMUR.COM)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Puluhan artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW dipamerkan dalam festival Al Mulk di Kota Ambon, Maluku.

Benda-benda bernilai sejarah itu dipamerkan di auditorium Universitas Pattimura selama 12 hari, mulai 13 – 24 Mei 2024.

Sejumlah pengunjung yang melihat koleksi artefak peninggalan Rasulullah terharu dan tak kuasa menahan tangis. Banyak diantara mereka melantunkan shalawat setiap kali melihat koleksi peninggalan Nabi Muhammad SAW.

Sejumlah pengunjung bahkan ada yang mencium dan  mengusap kotak kaca tempat benda-benda peninggalan nabi disimpan.

“Saya sangat bersyukur bisa melihat langsung benda-benda peninggalan Nabi Muhammad yang sangat berharga, ini seperti mimpi,” kata seorang pengunjung Usman Salim, Rabu (15/5/2024).

Usman datang bersama keluarganya setelah mengetahui pameran tersebut di media sosial. “Saya lihat di medsos ada pameran ini dan tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, saya ajak keluarga saya,” ungkapnya.

Pengunjung lainnya Irmawati sangat kagum dengan benda-benda peninggalan Nabi Muhammad dan sahabat yang dipamerkan tersebut.

Dia nekat bolos dari kantor hanya untuk datang menyaksikan benda-benda bersejarah tersebut. “Saya masih ada kerja tapi saya datang ke sini. Saya bahagia kagum dan juga sangat terharu bisa melihat semua ini,” ujarnya penuh haru.

Sebanyak 28 koleksi artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW yang dipamerkan dalam festival tersebut. Benda peninggalan nabi yang dipamerkan mulai dari sorban, jenggot, rambut hingga bekas darah bekam dan tapak kaki Rasulullah. Busur panah, tongkat, cambuk dan bekas tanah makam nabi juga ikut dipamerkan.

Selain peninggalan Nabi Muhammad sejumlah benda peninggalan sahabat dan keluarga Nabi juga ikut dipamerkan. Di antaranya pedang milik salah satu panglima perang terbesar dalam sejarah umat Islam yakni Khalid bin Walid.

Ada juga pedang milik cucu Nabi yaitu Sayyidina Husein, pedang milik Sultan Usmani penakluk Konstantinopel Muhamad Alfatih dan wadah penyimpanan susu milik istri Rasulullah Siti Khadijah.

Penanggung jawab artefak peninggalan Nabi, Ustadz Ishak Al Mahmudi mengatakan puluhan artefak peninggalan Nabi Muhamad dan sahabat yang dipamerkan di Ambon merupakan barang-barang koleksi museum galeri MAR dari Malaysia.

Puluhan artefak itu dikumpulkan oleh Dr Abdul Manan Embong dari pelbagai negara. “Peninggalan ini dikumpulkan dari beberapa negara seperti dari Saudi Arabia, Yaman dan Mesir,” jelasnya.

  • Bagikan