banner 728x250

BNN Maluku Limpahkan Berkas Perkara Lima Tersangka Jaringan Narkotika ke Jaksa

  • Bagikan
Kepala BNN Maluku, Brigjen Pol M.Z Muttaqien. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Penyidik Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku menyerahkan berkas perkara lima tersangka jaringan narkotika antarprovinsi ke Kejaksaan Tinggi Maluku untuk diteliti.

Pelimpahan berkas perkara para tersangka narkoba tahap I ke kejaksaan itu dilakukan BNN Maluku setelah berkasnya dirampungkan oleh penyidik. Jaksa selanjutnya akan meneliti berkas perkara tersebut. Berkas kelima tersangka yang diserahkan ke jaksa itu yakni inisial FN, EP, MC, IR dan RB. “Alhamdulillah untuk berkas perkara lima orang tersangka sudah masuk ke Kejati Maluku ya, dikawal ya,” ungkap Kepala BNN Maluku, Brigjen Pol M. Z Muttaqien dihubungi Sentraltimur.com, Jumat (30/4/2021) malam.

Sebelumnya diberitakan, penyidik BNN berkoordinasi dengan sejumlah bank di Kota Ambon untuk menelusuri aliran dana yang berasal dari rekening milik bandar narkoba berinisial RB yang mengendalikan jaringan narkoba antarprovinsi dari balik jeruji besi. Hal ini dilakukan untuk pengembangan terhadap lima tersangka yang telah ditangkap pada awal April 2021. Kelima tersangka tersebut menjalani penahanan di Rutan Kelas IIA Ambon.

“BNNP juga koordinasi dengan beberapa bank, untuk mengetahui aliran dana yang digunakan tersangka untuk memuluskan barang haram,” ujar Kepala BNNP Maluku Brigjen Pol M.Z Muttaqien, Kamis (22/4/2021).

Lima tersangka itu dibekuk BNN Maluku pada Senin (5/4/2021). Awalnya BNN menangkap dua Bandar sabu inisial VN dan EP di kawasan Bandara Pattimura Ambon. Saat dibekuk, petugas BNN menyita 50 gram sabu siap edar.

Dari hasil interogasi, BNN akhirnya menciduk pelaku inisial MC dan IT, keduanya adalah pegawai Rutan Kelas II Ambon dan pegawai Lapas Anak Ambon. Petugas BNN juga ikut menangkap RB yang merupakan narapidana narkoba yang diketahui mengendalikan peredaran narkoba di Maluku dari Rutan Ambon. (DNI)

  • Bagikan