banner 728x250

Covid-19 Menggila, Warga Ambon Dilarang Gelar Resepsi Pernikahan

  • Bagikan
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kasus positif Covid-19 di Kota Ambon terus melonjak. Langkah antisipasi mulai dilakukan pemerintah Kota Ambon.

Menekan tingginya jumlah kasus baru dan penyebaran Covid-19 di ibu kota provinsi Maluku itu, Pemerintah Kota Ambon akan melarang hajatan atau resepsi pernikahan. Larangan itu rencananya akan diberlakukan mulai pekan depan.  

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriansz mengatakan larangan mengadakan acara resepsi pernikahan merupakan langkah antisipasi mencegah kerumunan yang berpotensi menularkan virus corona.

“Mulai minggu depan akan ada surat untuk aktivitas yang dilaksanakan di gedung maupun acara resepsi di rumah masyarakat itu untuk sementara ditiadakan,” kata Joy di Baileo Kota Ambon, Rabu (30/6/2021).

Selama masa pandemi, resepsi pernikahan harus mendapat izin dari Satgas Covid-19. Karena itu masyarakat tidak boleh melanggar aturan tersebut. Kalau pun diizinkan, harus menerapkan protokol kesehatan dan wajib melakukan tes rapid bagi tamu.

“Oleh karena itu, jika harus dilakukan karena kondisi yang diizinkan wajib menerapkan pemberlakukan tes rapid antigen bagi peserta dan pembatasan (kapasitas) 50 persen,” tambah Joy.

Dia menegaskan, kebijakan tersebut akan diawasi ketat oleh Satgas yang berada di tingkat desa/negeri dan kelurahan serta tingkat kota.

“Akan dilakukan pengawasan secara intensif oleh Satgas di tingkat negeri/desa dan kelurahan yang tentunya akan di back up oleh Satgas Kota Ambon,” tegasnya.

Menurutnya kebijakan itu diambil mengingat tingginya penyebaran Covid-19 di Kota Ambon saat ini. Karena itu Joy berharap, kebijakan tersebut dapat ditaati oleh masyarakat untuk mencegah penularan virus Covid-19.

“Kita berharap langkah-langkah yang diambil ini dapat mencegah tingkat penularan di Kota Ambon,” harapnya.

Dia juga berharap kepada masyarakat Kota Ambon tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 yang lebih massif lagi.

“Kita juga berharap warga tetap mematuhi prokes, karena itu penting untuk mencegah dan menekan penyebaran kasus baru,” kata Joy. (MMS)

Penulis: MEHMET SALAHUDINEditor: YANTO
  • Bagikan