banner 728x250

Dinkes Ambon Pastikan Stok Vaksin Covid-19 Cukup

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy memastikan stok vaksin Covid-19  cukup untuk vaksinasi warga.

 

“Stok vaksinasi Covid-19 yang tersedia di gudang farmasi Dinkes Ambon mencukupi, kata Wendy, Selasa (10/8/2021).


Stok vaksinasi jenis sinovac sebanyak 339 vial atau 3.390 dosis, AstraZeneca 589 vial atau 5.890 dosis, dan vaksin moderna 95 vial, yang mana satu vial untuk 14 dosis vaksinasi. Moderna di khususkan bagi tenaga kesehatan.

 

Stok vaksin AstraZeneca diperuntukkan bagi masyarakat yang melakukan vaksinasi massal pada Mei 2021.

 

Wendy bilang, stok vaksin moderna tidak cukup untuk vaksinasi seluruh tenaga kesehatan di Ambon, karena data yang tervaksin sebanyak 3 ribuan.

 

Menurutnya, persyaratan vaksinasi tahap tiga sesuai ketentuan yakni kepala fasilitas kesehatan (Faskes) wajib menandatangani pakta integritas, sehingga akan dilakukan bertahap.

“Faskes yang telah menandatangani pakta integritas, akan menjalani vaksinasi tahap tiga mulai pekan ini,” ujar Wendy.

Stok vaksinasi Covid – 19  diperuntukkan bagi masyarakat yang menjalani vaksin tahap pertama dan kedua, anak usia 12-17 tahun, ibu hamil dan vaksin ketiga bagi tenaga kesehatan.

Wendy menyatakan, ibu hamil dan menyusui merupakan kelompok yang berisiko terpapar Covid-19 dan bergejala berat, sehingga harus divaksin.

Pemberian vaksinasi Covid-19  bagi ibu hamil merujuk pada surat edaran Kementerian Kesehatan nomor HK.02.01/I/2007/2021.


Ibu hamil lanjut Wendy akan disuntik vaksin Covid-19 merk Pfizer dan Moderna, serta vaksin platform inactivated Sinovac.

Dosis atau vaksinasi pertama, pada tiga semester kedua kehamilan, dan dosis kedua sesuai interval dari jenis vaksin. (ANT/RED)

 

  • Bagikan