banner 728x250

Gempa 4,7 Magnitudo Guncang Piru, tak Berpotensi Tsunami

  • Bagikan
Gempa guncang
Ilustrasi kekuatan gempa. (FOTO: ISTOCKPHOTO)
banner 468x60

AMBOM, SENTRALTIMUR.COM – Gempa tektonik berkekuatan 4,7 magnitudo guncang Kabupaten Seram Bagian Barat, Sabtu (28/8/2021).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon menyebutkan, pusat gempa berada pada lokasi 2.7 Lintang Selatan dan 128.03 Bujur Timur.

Atau berjarak 44 km barat laut Piru dan 80 km barat laut Kairatu, Seram Bagian Barat dengan kedalaman 10 km di bawah permukaan laut.

BACA JUGA:

Puluhan Pasangan Mesum Terjaring Razia Pekat Polisi – sentraltimur.com

Garda Relawan Indonesia Semesta Deklarasi Dukung Ganjar Capres 2024 – kliktimes.com

Sejumlah warga sempat merasakan getaran gempa tersebut. “Betul ada gempa yang kita rasakan tadi pagi, tapi cepat saja,” kata Yanes salah satu warga Piru yang dihubungi sentraltimur.com.

Meski begitu gempa bumi tersebut tidak membuat warga panik apalagi mengungsi. “Tidak ada yang panik biasa saja karena goyangannya juga kecil,” katanya.

Senada dengan Yames, Hasan salah seorang warga Kairatu mengaku ikut merasakan gempa guncang wilayah tersebut. Namun getaran yang dirasakan sangat kecil. “Iya betul ada getaran tapi kecil saja,” katanya.

BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Provinsi Maluku diketahui merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia dan bertemu lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. (MMS)

Penulis: MEHMET SALAHUDINEditor: YANTO
  • Bagikan