banner 728x250

Kelebihan Kapasitas, Puluhan Napi Dipindahkan ke Saparua dan Banda

  • Bagikan
Ilustrasi narapidana. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kelebihan kapasitas menjadi problem Lapas dan Rutan Kelas IIA Ambon. Sebanyak 33 narapidana Lapas dan Rutan Ambon akan dipindahkan di Lapas Saparua dan Banda Naira, Kabupaten Maluku Tengah.

Rencana pemindahan napi itu menjalankan program penindakan dan pencegahan Keamanan Ketertiban (Kamtib) dan isu-isu terkini di jajaran pemasyarakatan.

“Sebanyak 33 narapidana Lapas Ambon dan Rutan Ambon akan kami pindahkan ke Lapas Saparua dan Lapas Banda Naira karena kondisi overcrowded (kelebihan daya tamping),” kata Plt Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku, Saiful Sahri, Jumat (23/7/2021).

Rencana pemindahan dilakukan setelah Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Maluku menggelar Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) pada Jumat kemarin.

“Sidang TPP membahas usulan redistribusi narapidana dari beberapa Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pemasyarakatan yang mengalami overcrowded,” katanya.

Selain rencana pemindahan, juga akan dilaksanakan tes urine dalam rangka penindakan dan pecegahan kamtib, pemenuhan target kinerja B09 (sumber daya manusia) dan beberapa temuan Tim Satopspatnal lainnya.

“Dalam pelaksanaanya akan mempertimbangkan faktor keamanannya dan pembinaannya, juga anggarannya,” sebut Saiful.

Kepala Lapas Ambon ini juga meminta upaya masif dilakukan Divpas Maluku terkait pengendalian dan pencegahan penyalahgunaan narkotika khususnya di kalangan petugas.

“Harus ada upaya masif dari Divpas Maluku, misalnya tes urine bagi petugas. Efek dari tes urine masif sangat besar karena selain upaya pencegahan, juga dapat mereduksi citra negatif yang berkembang di masyarakat,” pintanya.

Selain itu, lanjut mantan Kepala Rutan Piru ini, juga akan mengupayakan penempatan seluruh narapidana perempuan dan anak ke lapas perempuan dan lembaga pembinaan khusus anak (LPKA), sesuai ketentuan yang berlaku. (ANA)

Penulis: ARTANABILEditor: YANTO
  • Bagikan