banner 728x250

Kota Havana-Ambon Jajaki Kerjasama Berbasis Musik

  • Bagikan
Ambon ditetapkan Kota Musik Dunia oleh Unesco tahun 2019. Ikon Ambon sebagai kota musik terpasang di Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kota Havana, Kuba membuka peluang kerjasama dengan kota Ambon dalam jejaring kota kreatif berbasis musiK.

“Yang terbaru tawaran kerjasama datang dari Kota Havana, Kuba, salah satu kota musik di bawah naungan UNESCO ingin berjejaring dan bekerja sama dengan kota Ambon,” kata Direktur Ambon Music Office (AMO),  Ronny Lopies, Minggu (20/6/2021).

Kota Ambon diundang dalam even bertajuk G–Cinc Expert Series yang difasilitasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kedutaan Besar RI di Kuba pada 21 Juni 2021.
Inti gawe G-Cinc Expert Series adalah  pertukaran informasi yang sangat penting dalam jejaring kota kreatif berbasis musik.
“Semacam pertukaran informasi. Itu paling penting dalam konteks kota musik saling berjejaring, saling mengisi satu sama lain, saling mempelajari baik dari sisi budaya, dan apa saja yang bisa disumbangkan baik dari sisi Kuba dan Indonesia,” ujarnya.

Tema G-Cinc Expert Series tentang perkembangan industri musik digital. Kota Ambon memiliki perkembangan yang luar biasa terkait industri musik digital.

Menurutnya, perkembangan musik lokal luar biasa di Indonesia dan terjadi secara alamiah.
“Jika dicermati, banyak musisi daerah yang mengunggah karya mereka di Youtube dan platform digital, itu dilakukan secara otomatis oleh komunitas musik yang ada di Ambon, dan menjadi contoh bagi mereka di Kuba,” kata Ronny.

Dia katakan, kerja sama dan jejaring sesama kota kreatif merupakan hal yang lumrah. Tercataat 47 kota kreatif berbasis musik di bawah UNESCO, tetapi Kuba ingin meningkatkan jejaring kerjasama dengan kota Ambon.
“Mereka membuka kerjasama dengan Ambon sebagai kota musik dalam kerangka besar, tetapi juga membuka peluang kerjasama dengan dengan Pemkot Ambon,” ujar Ronny.

G-Cinc Expert Series akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Menghadirkan pembicara Duta Besar RI di Kuba Nana Yuliana, Dubes Kuba untuk Indonesia Tania Velazquez, Deputi Menparkeraf Bidang Sumberdaya dan Institusi Wisnu Taruna Jaya, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Direktur AMO, para musisi dan pelaku industri musik di kedua negara.

“Kegiatan akan berlangsung secara virtual dari Ambon, Jakarta dan Havana,” imbuhnya. (ANT/RED)

Penulis: ANTARAEditor: REDAKSI
  • Bagikan