banner 728x250

Maaf, Belum Memenuhi Ekspektasi, Terima Kasih Atas Segala Dukungan

  • Bagikan
BELUM MEMENUHI
Penulis: M. Ikhsan Tualeka, Presiden Maluku FC/Direktur Beta Sport. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

Dampaknya pada laga berikutnya dengan Persebi Boyolali, MFC tampil tidak seperti biasanya, sejumlah pemain kunci juga tak bisa bermain dan akhirnya kalah 2-3. Kekalahan yang turut berpengaruh pada pertandingan selanjutnya.

Namun satu catatan evaluasi penting yang barangkali perlu dikemukakan, selain profesionalitas penyelenggara liga, adalah soal mental pemain maupun official. Mentalitas yang belum teruji kerap berujung pada penyikapan situasi secara frontal dan destruktif.

Misalnya saat kalah dramatis 3-2 dari Persedikab Kediri, sekalipun terlihat MFC dicurangi sejak babak pertama oleh kepemimpinan wasit, namun karena disikapi dengan emosional, berdampak pada kesiapan pemain atau tim pada laga selanjutnya.

Ini pelajaran penting, bahwa menyikapi situasi secara emosional dan frontal tidak membawa keuntungan bagi tim. Mestinya bila merasa dicurangi, harus dicarikan mekanisme lain untuk penyelesaiannya. Sekali lagi, bukan dengan emosi, apalagi dengan kekerasan.

Saya sebagai presiden klub memang tak bisa mendampingi tim selama bermain di fase 32 besar di Kediri karena harus menjalani isolasi mandiri dan sejumlah urusan lain di Jakarta. Namun terus terang sangat menyesalkan peristiwa kericuhan itu, karena berseberangan dengan visi klub yang saya letakan: Football for Peace.

Tapi sudahlah, kita tak perlu larut dalam situasi ini. Setelah ini kita akan fokus pada talent scouting untuk mencari pemain muda berbakat melalui seleksi dan juga pertandingan sepakbola di berbagai pelosok. Kemudian mengambil para pemain yang terbaik untuk masuk dalam skuad tim utama Maluku.

Sebagai penutup, terima kasih saya sampaikan kepada semua pihak yang sejauh ini telah membantu, baik materi maupun moril, doa dan ucapan, terutama untuk fans dan pendukung MFC. Maaf bila belum memenuhi ekspektasi banyak pihak, meski kegagalan adalah sukses yang tertunda. (***)

  • Bagikan