banner 728x250

Mahasiswa Unpatti Ini Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara

  • Bagikan
Risman Solissa, mahasiswa Universitas Pattimura diperiksa penyidik Polresta Pulau Ambon. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Risman Wahab Solissa, mahasiswa Universitas Pattimura, terancam hukuman enam tahun penjara.

Dia ditetapkan tersangka dengan tuduhan, dugaan tindak pidana ujaran kebencian dan atau penghinaan, dan atau menyiarkan berita bohong di media sosial. Tersangka ditahan di Rutan Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Ipda Izack Leitemia menjelaskan tersangka dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

Dan atau mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dan atau menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan, yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.

“Sebagaimana dimaksud dalam pasal 45A  Ayat (2) dan atau Pasal 45 ayat (3) UU No. 19 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 14 ayat (2) UU No. 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. (Tersangka) diancam hukuman 6 tahun penjara,” jelas Izack, Senin (26/7/21).

Risman dibekuk polisi, Minggu (25/7/21) sekitar pukul 19.20 WIT di sekitaran pertigaan bundaran monumen patung Dr. J. Leimena, kawasan Poka, Ambon.

Diberitakan sebelumnya, Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon ini diduga buntut postingannya di media sosial terkait seruan aksi unjuk rasa menolak PPKM.

Dalam postingannya Risman juga menyerukan ajakan mencopot Presiden Joko Widodo, Gubernur Maluku Murad Ismail dan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang membenarkan penangkapan Risman.

“Benar. Saya memastikan yang bersangkutan telah ditangkap dan saat ini telah ditahan,” kata Leo dihubungi sentraltimur.com, Senin (26/7/2021).

Setelah dibekuk, Risman digelandang ke Mapolresta Pulau Ambon malam itu juga dengan sebuah mobil. Risman diinterogasi penyidik buntut postingan bernada provokasi di akun facebook-nya.

“Saat (Risman) sudah ditetapkan sebagai tersangka. Nanti kalau soal teknisnya silahkan (tanyakan) ke Kasat Reskrim saja,” katanya. (DNI)

  • Bagikan