banner 728x250

Pemkot Ambon Berlakukan Syarat Bepergian Anak di Masa Pandemi

  • Bagikan
Ilustrasi anak-anak. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Untuk melindungi anak-anak dari penularan Covid-19, Pemerintah Kota Ambon mengatur ketentuan perjalanan keluar daerah bagi mereka, khusus usia 12-17 tahun.

Ketentuan ini harus diikuti orangtua untuk bepergian anak ke luar dari Ambon yaitu mendapat surat rekomendasi dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru mengungkapkan, kebijakan surat keterangan atau rekomendasi untuk anak usia 12-17 tahun karena mereka belum mengikuti vaksinasi.

Sedangkan usia 18 tahun tidak diatur karena wajib mengikuti vaksinasi.

“Olehnya itu kami ambil langkah. Anak-anak yang mau keluar dari Ambon atau bepergian kami keluarkan surat keterangan yang menjelaskan bahwa di Ambon belum divaksinasi anak-anak umur 12 sampai 17 tahun,” kata Anthony.

Pelayanan surat keterangan bepergian untuk anak usia 12-17 tahun dibuka di kantor Balai Kota Ambon. Syaratnya, orang tua cukup membawa membawa kartu keluarga, dan surat keterangan dari desa, atau Kartu Induk Anak (KIA).

“Saat pengurusan surat keterangan bepergian, orang tua harus bawa kartu keluarga, dan keterangan dari desa setempat yang mengatakan bahwa anak ini mau laksanakan perjalanan untuk apa,” katanya.

Dia menekankan, bila alasan perjalanan anak dinilai tidak penting, Satgas Covid-19 tak akan mengeluarkan surat izin. Satkan akan memberikan izin apabila alasan yang diajukan penting bagi anak tersebut.

“Kalau alasan tidak tepat kita tidak keluarkan. Misalnya pergi jalan-jalan kita tidak keluarkan. Misalnya di Ambon dan harus pulang ke Maluku Tenggara untuk melanjutkan sekolah kita kasih izin,” jelasnya. (ANA)

Penulis: ARTANABILEditor: YANTO
  • Bagikan