banner 728x250

Polda Maluku Pecahkan Rekor MURI Minum Jus Pala Terbanyak

  • Bagikan
Direktur Operasional MURI Yusuf Ngadri menyerahkan piagam MURI kepada Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif atas pemecahan rekor minum jus pala terbanyak, Sabtu (25/6/2022). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Jajaran Polda Maluku menggelar minum jus pala massal melibatkan ribuan anggotanya.

Kegiatan ini menyambut HUT ke-76 Bhayangkara. Aksi itu tercatat dalam Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai minum jus pala terbanyak. Jumlah jus pala yang diminum berjumlah 16.076 botol.

Pemecahan MURI berlangsung di lapangan upacara Polda Maluku, Sabtu (25/6/2022).

Jus pala yang diminum itu hasil produksi pelaku UMKM dari tiga tempat di kabupaten Maluku Tengah. Yakni Desa Mamala, Morela dan kepulauan Banda yang sejak dahulu dikenal sebagai daerah penghasil rempah.

Penyerahan piagam penghargaan oleh Direktur Operasional MURI, Yusuf Ngadri kepada Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif disaksikan Gubernur Maluku, Murad Ismail dan forum komunikasi daerah (Forkopimda)  Maluku.

“Hari ini kita Polda Maluku menggelar acara minum jus pala sebanyak 16.076 botol yang akhirnya dapat memecahkan rekor,” kata Latif dalam sambutannya.

BACA JUGA:

Jaksa Tahan Mantan Penjabat Desa Tulehu dan Bendahara – sentraltimur.com

Pemerintah Naikkan HET Minyak Goreng, Anggota DPR RI Mulyanto Sebut Kebijakan Amatiran – kliktimes.com

Aksi ini bertujuan untuk memperkenalkan jus pala hasil olahan para pelaku UMKM di Maluku agar lebih  mendunia.

“Kita mengangkat pala yang sudah dikenal dunia ini agar apa yang dihasilkan pelaku UMKM kita lebih dikenal lagi. Harapannya bisa mengangkat perekonomian masyarakat Maluku,” katanya.

Pala  merupakan rempah asal Maluku yang telah mengubah peradaban dunia. Dulunya banyak negara-negara Eropa berdatangan ke Maluku untuk mencari rempah tersebut hingga akhirnya menjajah wilayah Maluku.

Ini Harapan Kapolda Maluku

Menurut Latif upaya menghidupkan perekonomian masyarakat termasuk juga sejarah Maluku lewat pala penting lakukan dan itu yang saat ini tengah dilakukan Polda Maluku. “Pala untuk Indonesia, pala untuk dunia,” kata mantan Kapolda NTT ini.

Latif berharap ke depan jus pala yang produksi UMKM di Maluku dapat jadikan sebagai minuman penyambut tamu di setiap hotel di Maluku.

  • Bagikan