banner 728x250

PPKM, Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Pattimura ‘Terjun Bebas’

  • Bagikan
Aktivitas penerbangan di Bandara Pattimura Ambon. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – PT Angkasa Pura I (Persero) mengungkapkan lalu lintas penerbangan di Bandara Pattimura turun drastis selama PPKM mikro di Kota Ambon.

Legal, Compliance & Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Pattimura, Aditya Narendra mengakui sejak PPKM diberlakukan di Ambon dua pekan lalu lalu lintas penerbangan turun drastis.

“Semenjak PPKM di Ambon aktivitas penerbangan di bandara (Pattimura) tidak normal,” kata Aditya dihubungi, Rabu (28/7/2021).

Sebelum PPKM, jumlah penumpang dari bandara Pattimura maupun sebaliknya mencapai 1.000 orang setiap harinya.

Sebaliknya saat PPKM diberlakukan di setiap daerah termasuk di Ambon, jumlah penumpang yang berangkat maupun datang ke Ambon melalui bandara Pattimura sekitar 300 orang setiap hari.

“Ini sangat turun drastis dan kondisi ini sudah cukup lama,” ujarnya.

Kondisi serupa juga pernah dialami saat pemerintah menerapkan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada tahun 2020.

Tetapi kondisi terparah terjadi saat penerapan PPKM darurat di sejumlah daerah di Indonesia. Pasalnya setiap calon penumpang diwajibkan melampirkan hasil test swab PCR negatif dan juga kartu vaksin.

“Ini yang membuat biaya perjalanan semakin mahal, dan itu yang dikeluhkan warga,” ujar Aditya.

Pemerintah telah memperpanjang PPKM hingga Agustus mendatang. Khusus di Kota Ambon Pemerintah Kota Ambon memperpanjang PPKM mikro level 3 hingga 8 Agustus 2021. (MMS)

Penulis: MEHMET SALAHUDINEditor: YANTO
  • Bagikan