banner 728x250

Satu Pelaku Pembunuhan Sadis di Pulau Buru Ditetapkan Tersangka

  • Bagikan
Polisi dan warga mengevakuasi jasad korban pembunuhan di desa Watimpuli kecamatan Lolongguba kabupaten Buru. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Polres Pulau Buru menetapkan Soin Latbual, salah satu pelaku pembunuh Elias Nurlatu sebagai tersangka, Rabu (5/5/2021).

Soin ditetapkan sebagai tersangka setelah menjalani serangkaian pemeriksaan oleh penyidik usai ditangkap tim gabungan Polres Pulau Buru di Dusun Waekat, Desa Lele, Kecamatan Lolongguba, Minggu (2/5/2021).

“Setelah kita lakukan pemeriksaan dan pengembangan terhadap saksi, sudah kita tingkatkan statusnya menjadi tersangka,” kata Paur Humas Polres Buru Aipda MYS Djamaludin  yang dihubungi, Rabu (5/5/2021).

Pembunuhan terhadap Elias Nurlatu terjadi di Gunung Kadianlahing, Desa Watimpuli, Sabtu (24/4/2021). Saat itu sejumlah saksi sempat melihat pelaku yang berjumlah tujuh orang terlibat dalam pembunuhan sadis itu. Soin ikut terlibat karena membalaskan dendam atas kematian saudaranya Manpapa Latbual yang tewas dibunuh Mantibang Nurlatu  di kawasan ketel kayu putih di Dusun Waepulut, Desa Waeflan pada 23 Februari 2021.

Djamaludin menjelaskan, dari hasil pemeriksaan tersangka terungkap motif dendam dibalik pembunuhan Elias Nurlatu yang dilakukan Soin dan komplotan pelaku.

Polisi juga telah mengantongi identitas sejumlah pelaku lainnya. Saat ini mereka masih dalam pengejaran polisi.

“Motifnya  adalah balas dendam, karena berkaitan dengan peristiwa pembunuhan sebelumnya. Kita sekarang kejar pelaku lainnya,” ungkap Djamaludin. 

Elias Nurlatu, Warga Desa Watimpuli tewas mengenaskan. Di tubuhnya tertancap dua tombak. Banyak luka sayatan benda tajam di bagian kepala dan badan pria 40 tahun yang berprofesi sebagai petani itu.

Korban ditemukan oleh tiga warga Desa Watimpuli, yaitu Muka Lensi Nurlatu, Manjukan Nurlatu dan Muka Nance Hukunala.

Mereka sempat mendengar teriakan korban dan melihat komplotan pelaku muncul dari arah tebing menyerang dan menombak tubuh korban. (DNI)

  • Bagikan