banner 728x250

Siap-siap, 3.655 Nakes di Ambon Vaksinasi Tahap Tiga

  • Bagikan
Tenaga kesehatan di kota Ambon menjalani vaksinasi tahap kedua pada 4 Februari 2021. (FOTO: ANTARA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kementerian Kesehatan telah memulai penyuntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (Nakes) dengan menggunakan vaksin Moderna dari Amerika Serikat.

Di Maluku, vaksinasi tahap 3 untuk Nakes dimulai dari Kota Ambon. Vaksinasi akan dilakukan Dinas Kesehatan kepada ribuan Nakes di Kota Ambon. Jumlah Nakes di Kota Ambon yang akan divaksinasi tahap 3 sebanyak 3.655 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan vaksinasi dosis ketiga menggunakan vaksin Moderna.

“Vaksin dosis ketiga bagi Nakes ini dilakukan untuk menambah kekebalan terhadap varian mutasi Covid-19,” kata Wendy di Ambon, Selasa (3/8/2021). 

Menurutnya vaksinasi ketiga bagi Nakes sangat penting karena kelompok Nakes sangat berisiko terpapar Covid-19. Dengan vaksinasi tahap 3 kekebalan tubuh setiap Nakes akan lebih terjaga. “Nakes selalu berhadapan dengan pasien Covid-19 dan itu sangat rentan terhadap kesehatan mereka,” ujarnya.

Vaksinasi tahap 3 atau booster hanya untuk Nakes, tidak berlaku bagi masyarakat umum. Vaksinasi tahap 3 sudah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesian Technical Advisory Group On Immunization (ITAGI).

Dia berharap vaksinasi ketiga bagi ribuan Nakes di Ambon berjalan dengan baik. Meski begitu, Wendy belum dapat memastikan jadwal vaksinasi tahap 3 bagi Nakes.

Syarat Penerima Vaksinasi Tahap 3

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pemberian vaksinasi booster atau vaksinasi tahap ke-3 bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan mulai dilakukan.

Vaksinasi perdana tahap ke 3 telah dilakukan terhadap Nakes di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, pada 16 Juli 2021.

Penulis: MEHMET SALAHUDINEditor: YANTO
  • Bagikan