banner 728x250

Tradisi Pukul Sapu di Desa Morela Dijaga Ketat Aparat TNI-Polri

  • Bagikan
Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol Raja Arthur Simamora di Mapolsek Leihitu memimpin gelar pasukan pengamanan acara adat pukul sapu di desa Morela, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (9/5/2022). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Ratusan aparat gabungan Polri dan TNI kerahkan untuk mengamankan acara adat pukul sapu di desa Morela, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (pulau Ambon), Senin (9/5/2022).

Acara adat pukul sapu di desa Morela telah menjadi tradisi tahunan secara turun temurun yang gelar setiap 7 Syawal tahun hijriyah atau saat lebaran hari ketujuh.

Puncak acara yang biasanya berlangsung pada sore hari itu kerap tonton ribuan warga yang datang dari berbagai penjuru di Pulau Ambon maupun Pulau Seram.

Pengerahan ratusan aparat gabungan untuk mengamankan jalannya acara tersebut tandai dengan apel gelar pasukan. Dipimpin Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol Raja Arthur Simamora di Mapolsek Leihitu, Senin (9/5/2022).

BACA JUGA:

Listrik Padam Hingga Malam, Warga Kecam PLN Maluku – sentraltimur.com

Pemerintah Naikkan HET Minyak Goreng, Anggota DPR RI Mulyanto Sebut Kebijakan Amatiran – kliktimes.com

Personel gabungan yang mengamankan jalannya acara tersebut terdiri dari 2 satuan setingkat peleton (SST) Brimob Polda Maluku, 3 SST Sat Samapta Polda Maluku, 1 SST  XVI Pattimura, 1 SST Personel 733 Rider dan personel Polresta Pulau Ambon.

Amankan Rangkaian Kegiatan

Menurut Raja Arthur aksi pukul sapu telah menjadi tradisi di  Desa Morela, namun karena banyaknya warga yang datang menghadiri acara tersebut maka pengamanan ekstra harus lakukan.

  • Bagikan