banner 728x250

Ketua Tim Penggerak PKK MBD Resmikan 4 Kampung KB

  • Bagikan
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten MBD, Relly A. Noach. (FOTO: PEMDA MBD)
banner 468x60

TIAKUR, SENTRALTIMUR.COM – Pembentukan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) terus digalakan. 

Setelah kecamatan Pulau Babar, Letti dan Pulau Moa, kini tiga desa di kecamatan Kisar Selatan dan satu desa di kecamatan Kisar Utara diresmikan pembentukan Kampung KB.

Peresmian Kampung KB oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kabupaten MBD, Relly A. Noach di desa Nomaha dan Abusur pada Sabtu (4/6/2022) dan desa Wonreli dan Lekloor, Selasa (7/6/2022).

Kampung KB merupakan inovasi strategi dalam program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK). Bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Relly mengatakan, kehadiran Kampung KB bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup di desa melalui program kependudukan dan pembangunan di sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Menurutnya tiga hal pokok menjadi syarat dapat dibentuknya Kampung KB dalam satu wilayah. Yakni tersedianya data kependudukan secara akurat, dukungan dan komitmen dari pemerintah serta partisipasi aktif masyarakat setempat. 

“Pembentukan kampung keluarga berkualitas ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan, meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi, serta meningkatkan ketahanan keluarga melalui program bina keluarga balita, bina keluarga lansia dan pasangan usia pinggiran,” kata Relly.

Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Keluarga merupakan pilar utama dalam pembangunan sehingga menjadi tantangan adalah bagaimana menjaga setiap anggota keluarga dalam keadaan sehat. Terlebih selama masa pandemi Covid-19. 

  • Bagikan