banner 728x250

Dua Gempa Guncang Ambon, Warga Panik

  • Bagikan
DUA GEMPA
Kota Ambon dua kali diguncang gempa, Jumat (11/11/2022). Meski berskala kecil, namun guncangan gempa kuat dirasakan membuat warga panik hingga berhamburan ke jalan. (FOTO: SENTRALTIMUR.COM)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kota Ambon dua kali diguncang gempa, Jumat (11/11/2022) siang.

Gempa pertama berkekuatan berkekuatan 3,5 magnitudo. Sementara gempa kedua magnitudo 2,7.

Meski hanya berskala kecil, namun guncangan gempa pertama yang terjadi sekira pukul 11.41 WIT sangat kuat dirasakan oleh warga. Kuatnya guncangan gempa membuat sebagian warga panik hingga berhamburan ke jalan.

Sejumlah aparatur sipil negara yang sedang beraktivitas lantai 2 dan lantai 3 kantor Wali Kota Ambon bergegas turun setelah merasakan getaran gempa.

Begitu pun di beberapa kantor lainnya di kota Ambon, pegawai juga berlarian ketika gempa bumi.

“Gempa sangat kuat sekali,” kata salah seorang warga, Arifin kepada sentraltimur.com sambil berlari kecil ke lokasi terbuka.

Tati warga lainnya terpaksa keluar dari warung karena merasakan getaran gempa begitu kuat. “Tadi lagi makan sama teman di situ (warung) tapi ada gempa lalu keluar,” katanya.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon Djati Cipto Kuncoro menyebut gempa pertama dirasakan warga di kota Ambon dengan skala III MMI. “Gempa dirasakan sangat nyata oleh banyak orang,” kata Kuncoro.

Kuncoro belum dapat memastikan apakah ada dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa.  Namun dia memastikan gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. “Gempanya tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Dia menerangkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

  • Bagikan