banner 728x250

Nataru, Karantina Pertanian Ambon Awasi Lalu Lintas Komoditas

  • Bagikan
KARANTINA LALU
Petugas Karantina Pertanian Ambon mengawasi lalu lintas komoditas pertanian di pelabuhan menjelang dan selama perayaan Natal dan Tahun Baru. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Karantina Pertanian Ambon melakukan pengawasan lalu lintas komoditas pertanian di bandara dan pelabuhan menjelang dan selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).  

Pengawasan itu dilakukan untuk mencegah masuk dan keluar Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) yang mungkin terbawa melalui komoditas pertanian.

“Lalu lintas komoditas pertanian untuk perayaan Nataru lumayan banyak masuk maupun keluar dari wilayah Maluku. Pengawasan oleh petugas karantina di lapangan semakin ditingkatkan untuk menghindari terjadinya pemasukan komoditas pertanian secara ilegal yang dapat membawa hama penyakit hewan dan tumbuhan,” kata Kepala Karantina Pertanian Ambon, Kostan, Sabtu (24/12/2022).

Melalui pengawasan lalu lintas media pembawa HPHK dan OPTK, Karantina Pertanian Ambon ingin memastikan bahwa komoditas pertanian yang masuk ke Maluku sehat, aman, dan layak dikonsumsi masyarakat.

Kostan mengimbau kepada seluruh pejabat Karantina Pertanian yang melaksanakan piket di wilayah kerja untuk merapatkan barisan dalam pengawasan tersebut. “Sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan dengan lancar dalam damai dan kebahagiaan,” ujarnya.

Dia mengucapkan selamat merayakan Natal kepada umat Kristiani di Maluku dan selamat memasuki Tahun Baru 2023.

“Kepada umat Nasrani di Maluku, saya mewakili Karantina Pertanian Ambon mengucapkan selamat Natal, dan selamat menyongsong Tahun Baru 2023 untuk kita semua. Semoga semangat Natal dan Tahun Baru memberikan harapan serta inovasi baru dalam berkarya dan berkreasi,” kata Kostan. (ADI)

  • Bagikan