banner 728x250

Dihadiri Menkopolhukam-Mendagri, Pemkab MBD Siap Sukseskan Gerbangdutas

  • Bagikan
PEMKAB SUKSESKAN
banner 468x60

TIAKUR, SENTRALTIMUR.COM – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya siap mendukung pelaksanaan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2023.

Peluncuran Gerbangdutas akan dipusatkan di wilayah Lokpri, MBD, Maluku pada 30-31 Mei 2023 yang dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian.

Menjelang kunjungan dua pejabat negara itu, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menggelar rapat koordinasi bersama Pemkab MBD di Jakarta, Rabu (03/05/2023).

Rapat dihadiri Bupati Benyamin Thomas Noach dan Wakil Bupati MBD Agustinus L. Kilikily. Benyamin menyampaikan, pemerintah daerah dan rakyat MBD bersyukur kepada Tuhan dan pemerintah pusat yang mau merencanakan kunjungan kedua menteri tersebut ke MBD.

“Kami berharap dengan kehadirannya, langkah percepatan pembanguan wilayah perbatasan, khususnya MBD dapat berjalan dengan baik yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat pada perbatasan negara,” harapnya.

Pemkab MBD siap menerima kunjungan menteri dan rombongan dengan berbagai rancangan alternatif yang disiapkan dan dirancang BNPP. “Kami siap menyukseskan pelaksanaan Gerbangdutas sehingga intervensi ketertinggalan, ketidakmerataan pembangunan sampai dengan infrastruktur yang tidak layak pada MBD dapat digerakkan oleh kementerian dan lembaga,” kata Benyamin dikutip dari laman news.malukubaratdayakab.go.id.

12 Lokasi Prioritas

Sementara itu Sekretaris BNPP Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan telah mendapat arahan dari Mendagri selaku kepala BNPP pada 26 April 2023 lalu. “Menkopolhukam dan Mendagri memberikan apresiasi yang tinggi terhadap rencana pelaksanaan Gerbangdutas tahun ini. BNPP berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga untuk mempersiapkan segala teknis. Menjadwalkan persiapan dan rangkaian program-program yang akan diluncurkan untuk mengintervensi percepatan pembangunan di MBD,” terang Zudan.

MBD memiliki 12 lokasi prioritas (Lokpri) berbasis kecamatan dan 6 Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT). Kecamatan yang masuk dalam 12 Lokpri perbatasan negara adalah Kecamatan Moa, Luang Sermata, Babar Barat, Wetar Selatan, Kisar Selatan, Pulau Letti, Pulau Masela, Pulau Lakor, Wetar Utara, Wetar Barat, Wetar Timur, dan Kecamatan Kisar Utara. Sedangkan 6 Pulau PPKT yang berpenduduk adalah Pulau Masela, Meatimiarang, Leti, Kisar, Wetar dan Lirang.

  • Bagikan