banner 728x250

Bupati Buka Manasik Haji & Lepas CJH MBD

  • Bagikan
BUKA MANASIK
banner 468x60

TIAKUR, SENTRALTIMUR.COM – Bupati Maluku Barat Daya (MBD) Benyamin Thomas Noach membuka bimbingan manasik haji sekaligus melepas calon jamaah haji (CJH).

CJH asal MBD tahun 2023 sebanyak delapan orang. Bupati Benyamin mengatakan puji dan syukur atas kasih Tuhan, karena CJH tahun ini dapat melaksanakan ibadah haji.

Menurutnya hal ini membuktikan, Pemda MBD sangat memperhatikan pelaksanaan ibadah haji. Walaupun waktunya sangat sempit karena meningkatnya Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dari tahun ke tahun. Selain itu juga dalam daftar tunggu semakin banyak dari tahun ke tahun.

“Ini merupakan bukti bahwa ekonomi di kabupaten Maluku Barat Daya telah berkembang dengan baik dan kesadaran masyarakat dalam menunaikan ibadah haji semakin meningkat, sehingga pemerintah daerah selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang baik,” ujar Benyamin di kantor Bupati MBD, Senin (28/05/2023}.

Menurutnya rukun Islam kelima ini adalah menyangkut pandangan manusia berhadapan dengan Tuhan. Pemda MBD senantiasa mendoakan CJH diberikan kekuatan lahir dan batin serta kesehatan dalam menjalankan ibadah haji di Tanah Suci sebagai implementasi pelaksanaan rukun Islam kelima.

Dengan demikian dia berharap, CJH MBD yang kurang lebih 41 hari berada di Arab Saudi dapat menggunakan waktunya dengan baik untuk berzikir, berdoa, bersedekah dan bertawakal. “Semuanya semata-mata untuk mengharapkan ridho Tuhan Yang Maha Esa agar kelak menjadi Haji yang mabrur dan mabruroh. Sehingga sekembalinya dari Tanah Suci, dapat menerapkan kebiasaan baik dalam hidup bermasyarakat dalam lingkungan tempat tinggal masing-masing,” harap Benyamin.

Dia menyampaikan pesan kepada CJH MBD tingkatkan semangat beribadah dan berniatlah secara ikhlas dan tulus untuk menunaikan ibadah haji semata-mata karena Allah SWT. “Hindari perasaan dan perbuatan yang dapat mengurangi nilai kesempurnaan ibadah haji, menjaga kesehatan agar dapat menunaikan Ibadah dengan sempurna. Selaku duta MBD perlu menampilkan tingkah laku, sopan santun dan budaya serta tata karma yang baik sebagai perwujudan masyarakat MBD yang sesungguhnya,” pesan Benyamin.

Daftar Tunggu 10 Tahun

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten MBD Stepanus Tia menyampaikan terima kasih kepada Pemda MBD yang telah menfasilitasi keberangkatan CJH dari Kota Tiakur menuju Asrama Haji Ambon dan akan dilanjutkan embarkasi dan debarkasi Makassar sebelum menuju Arab Saudi yang direncanakan 17 Juni mendatang.

  • Bagikan