banner 728x250

Pj Wali Kota Ambon Usul Rakernas APEKSI Bahas Daerah Kepulauan

  • Bagikan
BAHAS DAERAH
Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena dan sejumlah pejabat Pemkot Ambon menghadiri rapat kerja komisariat wilayah VI APEKSI di Kota Jayapura, Papua, Rabu (21/6/2023). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena mengusulkan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (APEKSI) membahas daerah kepulauan.

“Daerah kepulauan itu perlu diperjuangan juga oleh APEKSI. Memang tidak semua anggota APEKSI bercirikan kepulauan. Tapi kalau kita kolaborasi bekerja bersama untuk menjadi perhatian, kita usulkan kalau bisa mengenai daerah kepulauan juga dibawa dan dibahas dalam Rakernas nanti,” kata Bodewin saat Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Rakerwil) VI APEKSI di Kota Jayapura, Papua, Rabu (21/6/2023).

Menurutnya selama ini banyak masyarakat Kota maupun kabupaten pada daerah kepulauan mengalami kesulitan sarana transportasi, infrastruktur yang turut berdampak pada biaya yang besar untuk aktivitas ekonomi. “Hal – hal ini juga patut mendapat perhatian kita bersama,” katanya.

Ketua APEKSI Komisariat Wilayah VI Ali Ibrahim, mengatakan usulan yang disampaikan pada Rakerwil yang berlangsung 21-22 Juni 2023 akan ditampung dan disampaikan dalam Rakornas APEKSI di Makassar, Sulawesi Selatan.

Dia menjelaskan lima rekomendasi dirumuskan dalam Rakerwil ini. Pertama pembagian Dana Bagi Hasil (DBH), kedua; persoalan tenaga honorer harus dituntaskan, ketiga; dana kelurahan masih jauh dari harapan.

Keempat; terkait Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 33 Tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional yang mesti ditinjau kembali. Dan Kelima; Daerah Otonom Baru (DOB) kabupaten/kota di Papua.

  • Bagikan