banner 728x250

Penjabat Wali Kota Ambon Luncurkan Gerakan Pangan Murah

  • Bagikan
LUNCURKAN GERAKAN
Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena meluncurkan Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional di tribun lapangan Merdeka, Senin (26/06/23). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak Nasional di tribun lapangan Merdeka, Senin (26/06/23).

GPM stabilisasi pasokan harga pangan merupakan program nasional dari Badan Pangan Nasional. Tujuannya menjaga stabilitas harga pangan di tingkat produsen maupun konsumen. Meningkatkan akses pasar produsen pangan pokok, kemudahan pangan bagi konsumen dengan harga yang terjangkau. Dan membangun jaringan distribusi pangan untuk memudah stabilisasi pangan di tingkat konsumen.

“Peluncuran GPM secara inklusif semua sektor diharapkan adanya sinergi antara level pemerintah dan juga stakeholder pembangunan lainnya,” kata Bodewin.

Untuk itu, sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo pada pembukaan rapat kordinasi nasional para kepala daerah dan forkopimda pada Januari 2023. Dan delapan arahan presiden poin yang pertama terkait pengendalian inflasi, pantau harga pasar di lapangan adalah suatu isu strategis dalam pembangunan nasional yang harus segera ditangani secara kooperatif.

“Harga kebutuhan bahan pokok sedang mengalami kenaikan sebagai dampak dari perang Rusia-Ukraina. Tetapi juga karena perubahan cuaca ekstrem dan paling dikhawatirkan terjadi krisis pangan global yang tentunya berdampak pada negara dan daerah,” kata Bodewin.

Karena itu, pemerintah terus melakukan kewaspadaan meningkatkan upay–upaya menjaga stabilisasi harga pangan dan pasokan ke kota Ambon. Bodewin berharap, GPM berjalan lancar dan dapat membantu memenuhi kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat di kota Ambon. (ADI)

  • Bagikan