banner 728x250

Pawai Semarakkan Perayaan 1 Muharram di Ambon

  • Bagikan
Umat muslim di kota Ambon menggelar pawai merayakan 1 Muharam 1445 Hijriah, Rabu (19/7/2023). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Umat muslim di kota Ambon menggelar pawai merayakan 1 Muharam 1445 Hijriah, Rabu (19/7/2023). Remaja masjid, majelis taqlim, paguyuban, TPQ dan pelajar meriahkan perayaan Tahun Baru Islam itu.

Pawai melintasi ruas jalan utama di kota Ambon ini digelar oleh Kementerian Agama Kota Ambon dan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BPKRMI) Maluku.

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena melepas pawai di lapangan Merdeka Ambon.  Bodewin menyambut gembira datangnya Tahun Baru Islam 1445 Hijriah.

“Tentunya ini bermakna penting tidak saja bagi umat Islam, tetapi juga bagi kita semua, karena Tahun Baru Islam bukan hanya tentang mengingat peristiwa bersejarah hijrahnya Nabi Besar Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Tetapi juga menyatukan umat Islam dari semangat kebersamaan, refleksi dan perbaikan diri dalam kehidupan bersama,” kata Bodewin.

Atas nama pribadi, keluarga dan Pemkot Ambon, Bodewin mengucapkan selamat Tahun Baru Islam kepada seluruh umat Islam di Kota Ambon. “Semoga di Tahun Baru Islam ini kita bisa memantapkan diri dalam beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, diberikan kemudahan dalam hidup serta senantiasa diberikan nikmat dan berkah dalam kehidupan kita,” harapnya.

Wujud Syiar Islam

Ketua DPW BPKRMI Maluku Ahmad Ilham Sipahutar mengatakan semarak 1 Muharram ini dilakukan untuk mewujudkan syiar Islam di kota bertajuk Manise ini. Menurutnya kegiatan ini sangat penting sebagai pembelajaran kepada generasi muda dan generasi milenial.

“Kita tidak boleh lupa Tahun Baru Islam selain Tahun Baru Masehi. Tahun Baru Islam menjadi penting karena ini merupakan penopang untuk hijrahnya Rasulullah dari Mekah ke Madinah,” ujar Ahmad.

Marching band dari sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1, SMA Negeri 11, dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Ambon mengawali iringan pawai. Diikuti iringan pawai remaja masjid, majelis taqlim, paguyuban, TPQ dan pelajar. Sambil berjalan kaki melintasi sejumlah ruas jalan di kota Ambon, peserta pawai melantunkan shalawat Nabi Muhammad SAW.

Dari lapangan Merdeka, ribuan peserta berjalan melintasi Jl. Slamet Riyadi, Pattimura, belakang Kantor Gubernur Maluku, Jl. Sultan Hairun, Jl. A.Y. Patty, Jl. A.M Sangadji, Tugu Trikora, Pohon Pule, Jl. Sultan Babulah dan kembali ke lapangan Merdeka.

Warga begitu antusias menyaksikan pawai Tahun Baru Islam. Mereka mengabadikan iringan pawai menggunakan telepon seluler. Tarian samrah memukau ribuan warga Ambon yang memadati ruas jalan menyaksikan pawai. (ADI)

  • Bagikan