banner 728x250

Dinas Pertanian MBD Gelar Kontes Kerbau

  • Bagikan
DINAS KONTES
banner 468x60

TIAKUR, SENTRALTIMUR.COM – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Maluku Barat Daya menyelenggarakan kontes kerbau Moa di kawasan pariwisata Rumah Singgah Artakemo, desa Tounwawan. 

Kontes kerbau Moa dibuka oleh Bupati MBD Benyamin Thomas Noach, Sabtu (12/8/2023). Dia bilang, kontes kerbau merupakan agenda pemerintah daerah meningkatkan kualitas ternak kerbau dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat khususnya peternak kerbau.

“Ini untuk mendorong kecintaan terhadap ternak kita, dan mulai sekarang kita merawat ternak. Selama ini kita memelihara ternak secara tradisional hanya melepas saja. Alangkah baiknya merawat ternak-ternak kita dengan baik. Dijaga kesehatannya sehingga pada saatnya ternak-ternak ini akan memberikan nilai ekonomi yang baik untuk keluarga,” kata bupati.

Kontes ini akan menjadi agenda tahunan menjelang HUT Republik Indonesia. Dia berharap warga merawat ternak dengan baik. Kontes kerbau diikuti 23 peserta berasal dari desa Tounwawan, dusun Kyera, desa Klis, desa Werwaru dan desa Wakarleli.

“Jadikanlah Pulau Moa sebagai lumbung kerbau bagi MBD dan bagi Provinsi Maluku. Jadikanlah kerbau Moa sebagai kerbau yang unggul, kerbau yang kompetitif,  kerbau yang bernilai ekonomis tinggi,” jelasnya.

Kerbau Moa adalah jenis kerbau lumpur yang sejak dulu dipelihara oleh masyarakat, hidup dan berkembang di Pulau Moa. Sistem pemeliharaannya dilepas pada area pengembalaan dan pada musim hujan. Ternak kerbau digiring masuk ke kandang penampungan yang biasa disebut lutur, untuk seleksi dan peras susu. 

Pemeliharaan masih bersifat tradisional. Masyarakat dan peternak kerbau merasakan manfaat dari komoditi ini karena memberikan pendapatan bagi keluarga. Selain itu juga memiliki nilai sosial dalam praktek penyelenggaraan adat dan budaya di tengah masyarakat. (ADI)

  • Bagikan