banner 728x250

Gelombang Tinggi 4 Meter & Angin Kencang Ancam Maluku

  • Bagikan
GELOMBANG ANGIN
Ilustrasi gelombang tinggi. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Maritim Ambon mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di sejumlah perairan Maluku.

BMKG memperingatkan adanya gelombang tinggi hingga mencapai 2,5 meter – 4 meter berpeluang terjadi di sejumlah perairan Maluku berlaku Jumat (15/9/2023) hingga Sabtu (16/9/2023).

Perairan Maluku yang berpotensi diterjang gelombang tinggi 4 meter itu yakni perairan Laut Banda, Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Kei, Kepulauan Aru dan laut Arafuru bagian tengah. Sementara gelombang dengan ketinggian 1,25 meter hingga 2,5 meter berpeluang terjadi di laut Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Buru, Ambon Lease, dan laut Seram Selatan.

Terkait potensi gelombang tinggi, Kepala BMKG Stasiun Ambon, Djati Cipto Kuncoro mengimbau nelayan dan warga yang tinggal di pesisir pantai lebih waspada. “Kami mengimbau agar lebih waspada lagi dengan potensi cuaca buruk yang terjadi,” katanya.

Dia mengingatkan pengusaha transportasi laut tradisional lebih memperhatikan keselamatan penumpang di tengah ancaman cuaca laut yang buruk. “Termasuk kapal-kapal tradisional agar lebih waspada lagi,” ujar Djati.

Selain potensi gelombang tinggi, BMKG juga memprediksi pergerakan angin dengan kecepatan 25 knot atau 46 km per jam yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Maluku. “Angin umumnya bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan terbesar 25 knot,” pungkas Djati. (MAN)

  • Bagikan