banner 728x250

Bakal Gratiskan Biaya Pendidikan, Pj Wali Kota Ambon Ingatkan Ini

  • Bagikan
BIAYA PENDIDIKAN
Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Pemerintah Kota Ambon bakal menggratiskan biaya pendidikan bagi pelajar di tahun 2024.

Hal ini diungkapkan Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena saat memimpin apel perdana Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Ambon awal tahun 2024 di Taman Pattimura.

Bodewin mengatakan apa yang disampaikan dalam apel tersebut adalah suatu keinginan di tahun 2024 agar seluruh biaya pendidikan di kota Ambon digratiskan.

Alokasi APBD untuk bidang pendidikan disediakan sebanyak 20 persen, terbuka kemungkinan bagi pelajar di kota Ambon dapat mengakses pendidikan murah, layak bahkan gratis.

”Tahun 2024 ini, setiap sekolah yang melakukan pungutan kepada siswa, harus dibuat kesepakatan dengan baik, sehingga tidak terkesan ada unsur pemaksaan, seperti yang terjadi di beberapa sekolah pada tahun 2023,” kata Bodewin kepada awak media, Jumat (5/1/2024).

Bodewin kembali mengingatkan setiap sekolah tidak lagi mengulangi hal serupa, yaitu melakukan pungutan biaya tertentu kepada siswa dengan berbagai dalih tanpa adanya kesepakatan bersama dengan orang tua siswa. ”Jangan sampai ada pungutan liar lagi,” tegas Sekretaris DPRD Maluku ini.

Dia optimis, jika alokasi anggaran APBD 20 persen yang diperuntukkan untuk bidang Pendidikan dikelola dengan baik, kemungkinan biaya sekolah akan lebih rendah dan tidak tertutup untuk digratiskan bagi siswa jenjang TK hingga SMP di kota Ambon. (ADI)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan