banner 728x250

5 April, Maskapai TransNusa Beroperasi di Maluku, Ini Rutenya

  • Bagikan
MASKAPAI TRANSNUSA
Maskapai Transnusa segera membuka rute penerbangan baru dari dan menuju Bandara Pattimura Ambon. (ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Maskapai TransNusa bakal membuka rute penerbangan baru dari dan menuju Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon.

Pembukaan rute penerbangan itu ditandai dengan kerjasama antara PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon dengan maskapai TransNusa. Rute baru yang akan dibuka yakni tujuan Ambon-Manado dan Ambon-Sorong.

General Manager Bandar Udara Pattimura Ambon Shively Sanssouci menjelaskan pembukaan rute akan dicanangkan pada 5 April 2024. “Dua rute ini akan menghubungkan ibu kota Provinsi Maluku dengan ibu kota Provinsi Sulawesi Utara dan ibu kota Provinsi Papua Barat Daya tanpa perlu transit di kota lain,” kata Shively dalam keterangan tertulis, Jumat (15/2/2024).

Calon penumpang bisa mendapatkan tiket melalui Aplikasi Online Travel Agent (OTA) dan juga melalui situs resmi TransNusa di transnusa.co.id.

Penerbangan perdana tujuan Ambon-Manado menggunakan pesawat jenis Comac ARJ21-700, nomor penerbangan 8B-214 dan 8B-214. Sedangkan penerbangan perdana Ambon-Sorong menggunakan pesawat jenis yang sama nomor penerbangan 8B-291 dan 8B-292.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan konektivitas Kota Ambon dengan kota lainnya sehingga dapat meningkatkan pengembangan pariwisata di Provinsi Maluku khususnya di Kota Ambon yang kita cintai bersama,” katanya.

TransNusa merupakan maskapai pertama di Indonesia yang menggunakan pesawat buatan China. Pesawat Comac ARJ21-700 diproduksi oleh perusahaan Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC) di Shanghai.

“Pesawat itu pertama kali dioperasikan oleh maskapai TransNusa di Indonesia sejak Desember 2022. Kini akan mendarat di Bandara Pattimura dan akan beroperasi setiap hari untuk rute Ambon-Manado, serta rute Ambon-Sorong penerbangan 4 kali seminggu,” ujar Shively.

Pesawat COMAC ARJ21-700 TransNusa memiliki konfigurasi 3-2 lorong tunggal (single aisle) dengan kapasitas hingga 95 kursi. Menghadirkan interior modern serta futuristik, jarak antar kursi (seat pitch) yang luas untuk memastikan penumpang merasa nyaman.

Pesawat ini juga menyediakan ruang penyimpanan bagasi (compartment) yang bisa memuat barang bawaan hingga 8.900 kilogram dengan ruang yang cukup luas, memudahkan penumpang mengatur barang bawaan.

Keistimewaan pesawat COMAC ARJ21-700 juga terlihat dari lekukan sayap dari COMAC ARJ21-700 memiliki rentang hingga 27 meter dan didukung dengan dua mesin general electric CF34-10A untuk pesawat yang hanya memiliki dimensi panjang 33,5 meter dan tinggi 8,4 meter.

Menurut Shively dengan kerjasama penambahan rute dan penerbangan yang baru pihaknya akan terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan di Bandara Pattimura Ambon. “Operator Bandara juga berharap rute Ambon – Manado dan Ambon – Sorong  ini akan memperkaya konektivitas udara dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata ke depannya,” katanya.

Jadwal Penerbangan

Jadwal penerbangan pulang pergi untuk kedua rute sebagai berikut:

– Nomor terbang 8B-214: Berangkat dari Bandara Internasional Sam Ratulangi – Manado (MDC) pukul 12.30 waktu setempat, tiba di Bandara Pattimura Ambon (AMQ) pukul 14.50 waktu setempat.

– Nomor terbang 8B-215: Berangkat dari Bandara Pattimura pukul 15.15 waktu setempat, tiba di Bandara Sam Ratulangi pukul 15.35 waktu setempat.

– Nomor terbang 8B-291: Berangkat dari Bandara Domine Eduard Osok – Sorong (SOQ) pukul 09.00 waktu setempat, tiba di Bandara Pattimura pukul 10.00 waktu setempat.

– Nomor terbang 8B-292: Berangkat dari Bandara Pattimura pukul 10.25 waktu setempat, tiba di Bandara Sam Ratulangi pukul 11.25 waktu setempat.

(MAN).

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan