banner 728x250

Tim Penggerak PKK MBD Gelar Peringatan HKG PKK

  • Bagikan
PERINGATAN HKG
banner 468x60

TIAKUR, SENTRALTIMUR.COM – Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52.

Ketua Umum Tim Penggerak PKK dalam sambutan tertulis dibacakan Ketua TP PKK MBD Rely Noach di gedung serbaguna Tiakur, Rabu (3/4/ 2024).

Visi TP PKK adalah terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin. “Saya berharap agar kita dapat mengembangkan program-program PKK di daerah masing-masing, sehingga senantiasa sejalan dengan program-program pemerintah dan pemerintah daerah,” kata Rely.

Melalui 10 program pokok PKK, Tim Penggerak PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergisitas dengan para stakeholder, baik dengan pemerintah, pemerintah daerah, maupun lembaga nonpemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

Untuk memperkuat itu, tiga hal menjadi perhatian bersama, antara lain memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Mengoptimalkan potensi gerakan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah untuk dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah serta pencapaian PKK dalam pelaksanaan rencana induk gerakan PKK tahun 2021 – 2024.

Gerakan PKK sampai dengan 2023 yang berkorelasi dengan program pemerintah dan pemerintah daerah, antara lain berperan aktif dalam berbagai kegiatan dan turut menangani stunting, melaksanakan kegiatan sosial, terlaksananya peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang tatalaksana rumah tangga dalam harmonisasi kehidupan keluarga.

Terlaksananya program unggulan gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana untuk kesehatan melalui 3 pilot project yaitu keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana peduli stunting; keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana menuju perilaku hidup bersih dan sehat; keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana peduli kesehatan ibu dan anak.

Rely menyampaikan harapan agar dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian substansi tugas dan fungsi TP PKK untuk mencapai visi gerakan PKK 2021 – 2024 yaitu terwujudnya keluarga sehat, cerdas, berdaya, beriman, dan bertaqwa menuju Indonesia maju 2024.

Menurutnya PKK dibutuhkan untuk mempercepat proses menuju keluarga sejahtera. “Program-program kerja pemerintah daerah melalui OPD tentu mengarahkan untuk kesejahteraan rakyat,” kata Bupati MBD Benyamin Noach dalam sambutan tertulis dibacakan Rely.

Camat dan ketua TP PKK kecamatan harus turun ke desa-desa mendorong masyarakat terus bergerak melaksanakan program pokok PKK.

PKK akan menggelar lomba pada Juni mendatang. “Maluku ini lumbung ikan nasional, ikannya banyak maka makanan yang serba ikan itu mesti menjadi keunggulan kita” katanya.

Dia bilang PKK sangat penting untuk mendorong mempercepat pembangunan menuju kesejahteraan rakyat terutama di MBD. “Semoga  kita semua bisa bergerak lebih sejahtera, angka stunting menurun, angka kemiskinan menurun,anak cucu kita adalah anak- anak yang cerdas, anak-anak yang bertaqwa kepada Tuhan dan pancasilais,” kata bupati. (MBD)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan