banner 728x250

Dinas Perikanan & Kelautan MBD Tingkatkan Kapasitas Nelayan

  • Bagikan
KAPASITAS NELAYAN
banner 468x60

TIAKUR, SENTRALTIMUR.COM – Asisten Bidang Administrasi Umum Kabupaten Maluku Barat Daya Yafet Lelatobur membuka pelatihan peningkatan kapasitas nelayan kecil.

Pelatihan berlangsung di aula kelurahan Tiakur, Selasa (7/5/2024).

Bupati MBD dalam sambutan yang dibacakan Yafet Lelatobur menyampaikan pemberdayaan kelompok nelayan adalah upaya memberikan motivasi kepada pelaku agar miliki kesadaran dan kemampuan untuk menentukan dan mengatasi permasalahan yang dihadapi yang dilakukan oleh pemerintah bersama masyarakat.

Peran pemerintah dalam program pemberdayaan masyarakat adalah pemerintah sebagai regulator. “Pemerintah menyiapkan arah untuk menyeimbangi penyelenggaraan pembangunan melalui penerbitan peraturan,” katanya.

Peran pemerintah sebagai fasilitator harus memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh nelayan. Tujuan dari adanya bantuan ini adalah untuk meningkatkan dan mensejahterakan pendapatan nelayan. Walaupun pemberian fasilitasnya belum menyeluruh, tetapi bantuan ini sangat bermanfaat bagi nelayan kecil.

Nelayan dan pembudidaya ikan kecil mempunyai peranan penting dan strategis dalam pembangunan perekonomian, terutama dalam meningkatkan perluasan kesempatan kerja, pemetaan pendapatan, dan peningkatan taraf hidup nelayan kecil dan pembudidaya ikan kecil dengan tetap memelihara lingkungan kelestarian dan ketersediaan sumber daya ikan.

Dia berharap, pelatihan ini dapat memberikan dampak positif kepada nelayan kecil di Tiakur. “Semoga dengan pelatihan ini, bisa meningkatkan kemampuan para nelayan kecil, pada waktunya tidak mengalami kecelakaan-kecelakaan kecil di laut karena bisa langsung menanganinya. Kecelakaan ini terjadi karena para nelayan belum memiliki keterampilan untuk memperbaiki mesin,” jelasnya. (MBD)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan