banner 728x250

Sosok Letkol Julius Matakena Komandan Upacara HUT RI ke-79 di Ambon

  • Bagikan
HUT RI
Letkol Infanteri Julius Jongen Matakena didapuk menjadi komandan upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (17/8/2024). (ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di lapangan Merdeka, Ambon berjalan lancar dan khidmat pada Sabtu (17/8/2024).

Di balik kesuksesan peringatan detik-detik proklamasi terdapat sosok komandan upacara yang berdiri tegap memimpin pasukan. Letkol Infanteri Julius Jongen Matakena didapuk menjadi komandan upacara.

Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie sebagai inspektur upacara dan Ketua DPRD Maluku Benhur George Watubun membacakan teks Proklamasi.

Upacara dihadiri Forkopimda, pimpinan OPD dan ASN lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku dan tamu undangan lain.

Semua mata tertuju ketika derap langkah Paskibraka memasuki lapangan upacara. Lettu Inf. Agung Dwi Prabowo ditunjuk sebagai komandan Paskibraka.

Suasana bertambah hening saat pengibaran dan penaikan bendera yang diiringi lagu Indonesia Raya.

Paskibraka sukses mengibarkan Bendera Merah Putih. Anggota Paskibraka berasal dari perwakilan siswa-siswi SMA di Maluku.

Upacara Kemerdekaan RI ke-79 diakhiri dengan aubade dari siswa-siswi SMP dan SMA se-Kota Ambon. Menampilkan solois siswa kelas 2 SD Dian Harapan, Queen Kastanya. Suara merdunya mempersembahkan lagu Indonesia Pusaka.

Siapa sosok Julius Jongen Matakena, komandan upacara di HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Ambon? Pria kelahiran Ambon 13 Juni 1983 ini merupakan alumnus Akademi Militer tahun 2004. Saat ini dirinya menjabat Komandan Batalyon Infanteri Raider 733 Masariku Kodam XV Pattimura.

Julius merasa bangga ditunjuk sebagai komandan upacara HUT RI ke-79 di kota Ambon. Terbiasa menjadi komandan upacara di batalyon, alumni SMA Negeri 2 Ambon ini tidak merasa terbebani dan gugup.

“Kalau komandan upacara sudah sering, tapi di internal (TNI AD),” kata Julius kepada awak media.

Menurutnya setelah melalui serangkaian latihan, pasukan protokol upacara dan Paskibraka tetap dalam kondisi prima dan berhasil melaksanakan tugas bersejarah ini.

“Ada rasa kebanggaan ketika diamanatkan sebagai komandan upacara pada tahun ini. Puji Tuhan semua berjalan lancar,” kata Julius.

Peringatan HUT RI kata Julius, selain menghormati jasa para pahlawan, tetapi juga memupuk nasionalisme dan tetap dalam semangat persatuan.

Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie menyampaikan terima kasih kepada seluruh pendukung peringatan detik-detik Proklamasi tahun 2024.

“Terima kasih kepada komandan upacara, tim Paskibraka bersama Komandan Paskibraka dan semua pendukung acara yang telah memberikan persembahan terbaik demi suksesnya upacara memperingati detik-detik Proklamasi ke-79 Republik Indonesia di Lapangan Merdeka Ambon,” ujar dia.

SadaliI mengajak seluruh masyarakat Maluku mengenag jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. “Semangat patriotisme harus terus kita kobarkan sebagai wujud kecintaan kita terhadap negara,” ajak Sadali. (ANO)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan