banner 728x250

Kapal Angkut 2 Ton Kopra Tenggelam di Laut Tanimbar, 20 Penumpang Selamat

  • Bagikan
KAPAL ANGKUT
Kapal motor yang mengangkut 16 penumpang dan empat anak buah kapal tenggelam di laut Tanimbar, Maluku, Kamis (12/2/2024). (ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kapal motor yang mengangkut 16 penumpang dan empat anak buah kapal tenggelam di laut Tanimbar, Maluku.

Kapal dengan nama lambung KM Duasa KW Kecil ini tenggelam setelah dihantam gelombang tinggi saat melintas di selat Egron, Desa Adalut, Kecamatan Selaru, Kepulauan Tanimbar, Kamis (12/2/2024). Belasan penumpang dan empat awak kapal selamat setelah ditolong oleh warga dan aparat Polsek Selaru.

Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya mengatakan kapal tersebut sebelumnya bertolak dari Pelabuhan Tutkratu di Desa Adaut tujuan Pelabuhan Saumlaki, Kamis pagi ukul 07.30 WIT.

Namun saat melintas di selat Egron kapal diterpa cuaca buruk dan gelombang tinggi hingga akhirnya tenggelam. “Kapal tenggelam setelah diterpa angin yang sangat kencang dan gelombang tinggi,” kata Umar kepada awak media, Jumat (13/2/2024).

Personel Polsek Selaru bersama warga setempat yang mengetahui kejadian itu bergegas memberikan pertolongan kepada para korban. Upaya pertolongan dilakukan dengan menggunakan sejumlah kapal nelayan.

Setelah berhasil ditolong, 20 penumpang dan ABK korban tenggelam dievakuasi ke pesisir pantai. “Semua penumpang berjumlah 16 orang dan 4 orang ABK berhasil diselamatkan dan dievaluasi oleh personel Polsek Selaru bersama warga,” kata.

Selain faktor cuaca buruk, penyebab kapal tersebut tenggelam akibat muatan kapal melebihi kapasitas. “Salah satu faktor kapal tenggelam diduga karena muatan kapal yang melebihi kapasitas,” ujar Umar.

Saat berlayar di tengah cuaca buruk, kapal naas itu mengangkut muatan kopra sebanyak 3ton dan rumput laut 1 ton. Menurut Umar pihak Syahbandar telah memperingatkan pengelola dan ABK terkait muatan kapal yang melebihi kapasitas. Namun peringatan itu tidak diindahkan dan kapal tetap berlayar.

KAPAL ANGKUT
Personel Polsek Selaru bersama warga menolong belasan penumpang dan ABK KM Duasa KW Kecil yang tenggelam dihantam gelombang di selat Egron, Desa Adalut, Kecamatan Selaru, Kepulauan Tanimbar, Maluku, Kamis (12/2/2024). (ISTIMEWA)

“Sebelumnya sudah diperingatkan oleh Syahbandar dan KP3 di Pelabuhan Adaut agar proses muatan barang di kapal tidak melebihi kapasitas mengingat cuaca laut yang buruk,” katanya.

Bersyukur tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan laut itu. Umar mengapresiasi langkah cepat Polsek Selaru dan warga yang langsung bergerak saat mengetahui kapal itu mengalami kecelakaan. “Saya juga mengimbau kepada masyarakat khususnya pemilik kapal-kapal tradisonal agar lebih waspada dengan kondisi cuaca ekstrem saat ini,” pinta Umar. (MAN)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan