banner 728x250

Warga Ambon Sumbang Rp 338 Juta Bangun Rumah Sakit di Palestina

  • Bagikan
Ribuan warga Kota Ambon menggelar demonstrasi mengecam agresi militer zionis Israel terhadap rakyat Palestina, Jumat (21/5/2021). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ambon ikut mengumpulkan dana dari masyarakat untuk pembangunan rumah sakit Indonesia di Palestina.

Penggalangan dana yang dimulai sejak bulan April telah ditutup pada 12 Juni 2021. Dana yang berhasil dikumpul dari warga Kota Ambon dan para donator sebanyak Rp 338.237.700.

Ketua MUI Kota Ambon, Muhammad Rahanyantel mengatakan aksi penggalangan dana pembangunan rumah sakit Indonesia di Palestina dilakukan MUI Kota Ambon berdasarkan surat edaran dari MUI pusat.

“Ada surat edaran dari MUI Pusat untuk semua MUI seluruh di daerah melakukan penggalangan dana karena MUI kerjasama dengan pemerintah Kota Hebron untuk membangun rumah sakit Indonesia di Palestina,” ungkapnya kepada waratwan, Jumat (18/6/2021).

Aksi penggalangan dana itu murni untuk tujuan kemanusiaan dan bukan untuk mendukung aksi radikalisme.

“Perlu kami sampaikan juga bahwa penggalangan dana ini bertujuan untuk kemanusiaan, membantu rakyat Palestina tidak hanya yang beragama Islam tapi juga Kristiani dan Yahudi yang ada di Palestina,” ungkapnya.

Sekretaris MUI Kota Ambon, Sulaiman Wasahua mengatakan dana ratusan juta yang terkumpul dari donasi masyarakat itu akan disalurkan melalui MUI pusat di Jakarta.

“Kita sudah rapat dengan pimpinan MUI kecamatan dan keputusannya itu akan disalurkan pada Senin pekan depan. Nanti ada perwakilan dari MUI Kota Ambon dan MUI Provinsi Maluku yang membawanya ke MUI Pusat,” katanya.

Dari total dana yang terkumpul Rp 338.237.700, MUI Kecamatan Teluk Ambon berhasil mengumpulkan dana dari masyarakat sebanyak Rp 152.286.100. Selanjutnya MUI Baguala Rp 143.935.000, MUI Nusaniwe Rp 15.373.000 dan MUI Sirimau Rp 11.000.000.

Selain itu kata Sulaiman, ada juga bantuan dari masyarakat Negeri Mamala yang  diserahkan langsung ke MUI Kota Ambon sebesar Rp 10.000.000 dan dari warga Desa Luhu Rp 4 juta lebih serta dari kelompok Sajadah Fajar Ambon Rp 2 juta.

“Selebihnya itu dari donatur dan perorangan yang langsung mentransfer ke rekening MUI yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu,” kata.

Dia menambahkan dari semua MUI di Indonesia yang melakukan penggalangan dana untuk pembangunan rumah sakit Indonesia di Palestina, sumbangan masyarakat Kota Ambon melalui MUI Kota Ambon yang terbanyak se-Indonesia.

“Dari semua MUI yang galang dana, MUI Kota Ambon yang paling tinggi. MUI lainnya itu umumnya tidak sampai Rp 100 juta. Karena itu atas nama MUI Kota Ambon kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Ambon,” katanya. (MMS)

Penulis: MEHMET SALAHUDINEditor: YANTO
  • Bagikan