banner 728x250

Jelang HUT TNI ke-76, Pangdam Pattimura Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

  • Bagikan
JELANG HUT
Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan dan pejabat utama jajaran TNI, Polri di Maluku menabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kapahaha di kawasan Tantui, Ambon, Senin (4/10/2021). (FOTO: PENDAM XVI PATTIMURA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Sehari jelang HUT TNI ke-76, seluruh pejabat TNI jajaran Kodam Pattimura, Lantamal Ambon dan Lanud Pattimura ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapahaha di kawasan Tantui, Ambon, Senin (4/10/2021).

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan memimpin ziarah ke TMP. Ziarah ke TPM juga ikut hadir para pejabat Polda Maluku dan sejumlah pejabat pemerintah provinsi Maluku.

Upacara penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah para pahlawan bangsa mengawali ziarah ke TMP.

BACA JUGA:

Pelni Ambon Wajibkan Penumpang Kapal Tunjukkan Aplikasi PeduliLindungi – sentraltimur.com

Siswa Gugup di Hari Pertama Pembelajaran Tatap Muka – kliktimes.com

Pangdam Pattimura selaku inspektur upacara meletakkan karangan bunga dan doa bersama. Selanjutnya diikuti para pejabat TNI, Polri menabur bunga TMP Kapahaha.

Kapendam XVI Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo mengatakan, ziarah ke TMP merupakan kegiatan rutin menjelang HUT TNI.

Menurutnya kegiatan tersebut untuk mengenang perjuangan para pahlawan bangsa yang telah berjuang mengorbankan harta dan nyawa demi tegaknya NKRI.

“Ziarah ini rutin setiap tahun jelang HUT TNI. Untuk mengenang, menghormati, meneladani jasa-jasa dan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa yang gugur membela dan mempertahankan kemerdekaan NKRI,” katanya.

Ia berharap, ziarah ke TMP menginspirasi generasi muda bangsa untuk tetap menghargai, menghormati jasa para pahlawan yang berjuang mempertahankan bangsa.

“Menginspirasi generasi penerus sehingga semangat  persatuan dan semangat perjuangan para pahlawan akan selalu terpatri di dada setiap insan Indonesia, khususnya masyarakat Maluku,” ujarnya.

Sejarah TNI

Tentara Nasional Indonesia (TNI) lahir di tengah perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan dari upaya penjajahan kembali oleh Belanda. Saat itu, TNI bermula dari Badan Keamanan Rakyat (BKR). BKR kelak menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada tanggal 5 Oktober 1945.

  • Bagikan