banner 728x250

Universitas Pattimura Wisuda Ribuan Mahasiswa, Ini Harapan Pemprov Maluku

  • Bagikan
Universitas WISUDA
Universitas Pattimura Ambon wisuda ribuan mahasiswa, Selasa (14/12/2021). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon kembali menggelar wisuda, Selasa (14/12/2021).

Sebanyak 1.753 mahasiswa mengikuti prosesi wisuda yang berlangsung dalam rapat terbuka luar biasa senat Unpatti dalam rangka wisuda lulusan sarjana, profesi dokter, magister dan doktor.

BACA JUGA:

Wagub Maluku Ajak Pers Awasi BBM Satu Harga – sentraltimur.com

Apkasi Serahkan Bantuan Rp 200 Juta untuk Korban Erupsi Semeru – kliktimes.com

Ribuan lulusan ini terdiri dari 1.544 lulusan sarjana, 72 lulusan profesi dokter, 134 lulusan magister dan 3 lulusan doktor di periode Desember 2021. Dengan rincian, Fakultas hukum 108 mahasiswa dan Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik 197 mahasiswa.

Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan 484 mahasiswa dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis 205 mahasiswa. Berikut Fakultas Pertanian 86 mahasiswa, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 76 mahasiswa dan Fakultas Teknik 189 mahasiswa .

Fakultas matematika dan IPA 88 mahasiswa, Fakultas Kedokteran 119 mahasiswa PSDKU Kabupaten Aru 31 mahasiswa, PSDKU MBD 33 mahasiswa, dan Pascasarjana 137 mahasiswa.

Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno berharap para wisudawan harus memahami bila ilmu yang telah peroleh hanyalah sebagian dari apa yang perlukan dalam hidup.

Banyak hal lain di luar yang dapat membuat seseorang sukses dalam kehidupannya. Mengingat, kehidupan pekerjaan di luar penuh dengan kompetisi.

“Karena itu tunjukkan nilai-nilai kehidupan di masyarakat seperti integritas, kejujuran, komitmen, disiplin dan rendah hati. Jagalah integritas diri agar tidak mudah di eksploitasi pihak lain,” pesan Barnabas.

Dia menjelaskan, seluruh ilmu pengetahuan pada bidang masing-masing telah wisudawan peroleh selama masa studi. Namun demikian, hari-hari esok masih memerlukan penulisan intelektual. Melalui ilmu pengetahuan untuk mengkaji dan memecahkan masalah pembangunan ekonomi sosial dan kemasyarakatan.

“Mengingat Unpatti sebagai perguruan tinggi terkemuka di Maluku. Tetap menjadi pioner dan barometer bagi penyelenggaraan perguruan tinggi lainnya. Karena itu, Unpatti hendaknya terus memiliki kematangan dan wawasan luas serta mampu terus berkarya untuk menghasilkan lulusan yang penuh dedikasi bagi pasar kerja di masyarakat,” jelasnya.

Ini Pesan Wagub Untuk Mahasiswa

Atas dasar itu, Barnabas akan terus memberi dorongan agar Unpatti terus maju dalam pengelolaan perguruan tinggi bermutu. Sebagaimana amanat UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Mengutamakan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi sesuai Permen Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

  • Bagikan