banner 728x250

Antisipasi Musibah Saat Nataru, Basarnas Ambon Siapkan Ini

  • Bagikan
MUSIBAH SAAT
Kantor Basarnas Ambon apel gelar pasukan kesiapsiagaan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru di Maluku, Jumat (17/12/2021). (FOTO: BASARNAS AMBON)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Mengantisipasi musibah yang terjadi saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di wilayah Maluku, Basarnas Ambon menyiapkan sejumlah armada.

Basarnas mengerahkan peralatan pendukung termasuk sejumlah kapal. Seperti KN SAR Abimanyu, KN SAR Bharata, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rescue Car, Rescue Truk dan peralatan Emergency Kit.

BACA JUGA:

Diduga Depresi, Pria di Batu Meja Tewas Gantung Diri – sentraltimur.com

Kearifan Lokal Para Bupati dan Wali Kota Melawan COVID-19 – kliktimes.com

“Kami juga menyiagakan alat utama berupa KN SAR Abimanyu, KN SAR Bharata, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rescue Car, Rescue Truk. Dan peralatan Emergency Kit (medis),” kata Kepala Basarnas Ambon, Mustari, Jumat (17/12/2021).

Personel dan armada siagakan di Unit Siaga SAR Dobo, Saumlaki, Tual, Banda, dan Pos SAR Namlea. “Tim SAR siagakan dengan pergerakan-pergerakan ke tempat-tempat yang rawan terjadinya musibah. Seperti tempat-tempat wisata, pelabuhan, dan bandara,” sebutnya.

Menjelang perayaan Nataru, Basarnas Ambon menyiagakan sebanyak 98 personel. Pengerahan personel berlangsung dalam Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan di Markas Basarnas Ambon, Hative Besar, Kota Ambon pada Jumat.

SAR Khusus Nataru

Mustari mengatakan Siaga SAR khusus menjelang Nataru yang setiap tahun laksanakan itu bertujuan untuk mendukung pengendalian. Dan pengaturan jasa transportasi khususnya di wilayah Maluku dan sekitarnya menjelang libur panjang dan hari besar umat Kristiani.

Mustari mengungkapkan, pelaksanaan Siaga SAR khusus Nataru akan berlangsung selama 19 hari ke depan terhitung 4 Januari 2022.

Dia memastikan tim yang kerahkan akan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat di tengah pandemi Covid-19.

Adapun pelaksanaan Siaga SAR khusus tahun ini merupakan suatu keistimewaan tersendiri. Pasalnya, Siaga SAR Khusus ini bersamaan dengan HUT ke-9 Basarnas Special Group (BSG).

“Basarnas Ambon memiliki putra-putri terbaik yang pernah bertugas di BSG walaupun ada beberapa yang sudah kembalikan ke daerah. Selamat untuk HUT ke 9 BSG semoga ke depannya makin profesional lagi,” ucap Mustari.

Mustari melepas konvoi kendaraan dan personel yang terlibat dalam Siaga SAR khusus Nataru usai Apel Gelar Pasukan. (MAN)

  • Bagikan