banner 728x250

Pilkada Malteng: Paslon Andi-Tina Peroleh Rekomendasi PKB, PDIP Menyusul?

  • Bagikan
PILKADA MALTENG
Ketua DPW PKB Maluku Basri Damis menyerahkan rekomendasi kepada Andi Munaswir-Ema Tetelepta sebagai bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati di Pilkada Maluku Tengah 2024. Rekomendasi diserahkan di kantor DPP PKB, Senin (19/8/2024). (ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung pasangan Andi Munaswir-Tina Welma Tetelepta sebagai bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati di Pilkada Maluku Tengah 2024.

Rekomendasi dukungan diberikan oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah PKB Maluku Basri Damis di kantor DPP PKB, Jln. Raden Saleh, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024) malam.

“Iya rekomendasi diberikan oleh Ketwil PKB Maluku di DPP PKB,” kata Sekretaris DPW PKB Maluku Baharudin Hayoto kepada sentraltimur.com.

Wakil Ketua Bidang Eksekutif dan Legislatif DPW PKB Maluku Malaka Yaluhun mengatakan dukungan kepada pasangan akronim AMANAT itu masih berupa rekomendasi, dan belum dituangkan dalam bentuk B1 KWK. “Itu rekomendasi ya rekomendasi, kalau B1 KWK belum,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu pertimbangan memutuskan mendukung pasangan AMANAT, sebab Andi Munaswir dinilai punya tingkat popularitas dan keterpilihan yang tinggi. “Elektabilitas Pak Andi juga cukup tinggi tidak jauh berbeda dengan ibu Mirati,” katanya.

Alasan lainnya, Paslon yang mengusung jargon Malteng Maju ini komitmen membantu membesarkan PKB di Maluku Tengah (Malteng) bila memenangkan Pilkada. “Sudah pasti itu, intinya akan membantu membesarkan PKB di Maluku Tengah,” ujar Malaka.

Di Pemilu legislatif 2024, PKB meraih 4 kursi di DPRD Malteng. Butuh 4 kursi tambahan bagi Andi-Tina untuk melenggang di Pilkada.

Total kursi DPRD Malteng sebanyak 40 kursi. Untuk maju di Pilkada Malteng, pasangan calon wajib memenuhi syarat perolehan 8 kursi atau 20 persen dukungan partai politik atau gabungan partai politik pemilik kursi di parlemen.

Berlaga di Pilkada Malteng, Andi Munaswir menggandeng rekan sejawatnya di DPRD Maluku Tina Welma Tetelepta yang juga kader PDIP.

Setelah didukung PKB, DPP PDIP kabarnya akan menyerahkan rekomendasi kepada Andi-Tina, pekan ini. Jika didukung partai berlambang banteng yang memiliki 6 kursi di parleman, AMANAT memenuhi syarat berlaga di Pilkada Malteng.

Andi yang dihubungi via pesan WA dan telepon terkait rekomendasi PKB dan peluang diusung PDIP belum merespon sentraltimur.com.

Soal dukungan PDIP kepada Paslon Andi-Tina di Pilkada Malteng, Ketua DPD PDIP Maluku Benhur George Watubun yang dikonfirmasi belum membalas pesan WA yang dilayangkan.

Dari sejumlah bakal calon hingga kini hanya Paslon Zulkarnain Awat Amir atau Ozan-Mario Lawalata yang sudah mengamankan dukungan partai politik untuk mendaftar ke KPU di Pilkada Malteng.

Ozan-Mario telah mengantoi surat dukungan B1 KWK dari 3 partai politik yakni PKS, Partai Demokrat dan Partai Golkar. Jumlah perolehan kursi ketiga partai tersebut sebanyak 13 kursi di parlemen. Rinciannya PKS 5 kursi, serta Partai Golkar dan Partai Demokrat masing-masing 4 kursi.

Sementara Paslon Mirati Dewaningsih-Daniel Nirahua mengantongi rekomendasi Partai NasDem yang punya 3 kursi dan Partai Hanura 1 kursi. Gabungan dua partai ini belum memenuhi syarat pendaftaran di KPU.

Sedangkan pasangan Muhamad Marasabessy-Liliana Aitonam baru memperoleh rekomendasi dari PSI, pemilik 1 kursi di DPRD Malteng. (ANO)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan