banner 728x250

Hujan Lebat Ancam Maluku, Warga di Kawasan Rawan Bencana Perlu Waspada

  • Bagikan
Masa Pancaroba
Ilustrasi hujan lebat. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon memprediksi hujan lebat mengancam wilayah Maluku pada Minggu (26/9/2021).

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sejumlah kabupaten dan kota di Maluku. Yaitu di Maluku Tengah, Buru, Seram Bagian Timur, Seram Bagian Barat hingga Maluku Tenggara.

Untuk di Maluku Tengah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Amahai, Masohi, Seram Utara Timur Kobi. Berikut, Seram Utara Timur Seti, Tehoru dan sekitarnya.

Sementara di Kabupaten Buru hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Kecamatan Air Buaya, Batabual, Fena Leisela. Selanjutnya, Namlea, Waelata, Waplau dan sekitarnya.

BACA JUGA:

Miris! Masih Ada Nakes RSUD Haulussy Ambon Hanya Digaji Rp1 Juta Per Bulan – sentraltimur.com

Gelar Vaksinasi Tahap Kedua, Andreas Ingatkan Masyarakat Jangan Lengah – kliktimes.com

Sedangkan di Kabupaten Seram Bagian Barat hujan berpotensi terjadi di Kecamatan Amalatu, Elpaputih, Huamual, Huamual Belakang, Inamosol, Kairatu. Berikut Kairatu Barat, Seram Barat, Taniwel Timur dan sekitarnya.

Di Kabupaten Seram Bagian Timur, hujan berpotensi terjadi di Kecamatan Bula, Bula Barat, Gorom Timur, Kian Darat. Selanjutnya Kilmury, Lian Vitu, Pulau Gorom, Pulau Panjang, Seram Timur, Teluk Waru, Tutuktolu, Wakate dan sekitarnya.

Berikut di Kabupaten  Maluku Tenggara, hujan berpotensi terjadi di Kecamatan Kei Besar Utara Barat, Kei Besar Utara Timur dan sekitarnya.

Curah Hujan Tinggi

Di Kota Ambon, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi Kecamatan Sirimau, Teluk Ambon, Teluk Ambon Baguala dan sekitarnya.

“Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 19.20 WIT,” kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Ambon, Ashar dalam keterangan tertulis, Minggu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Henry Farfar mengingatkjan warga tetap meningkatkan kewaspadaanya.

Ia meminta warga waspada karena hujan yang terus mengguyur sejumlah wilayah Maluku berpotensi menimbulkan bencana banjir dan longsor.

“Karena itu kami minta dan ingatkan warga lebih waspada, apalagi bagi yang tinggal di kawasan rawan bencana,” kata Henry. (MMS)

  • Bagikan