banner 728x250

Baru 14 Desa di Ambon Terima Dana Desa Tahap Dua

  • Bagikan
Ilustrasi dana desa. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Dari 30 desa/negeri di Kota Ambon, 14 di antaranya sudah mendapatkan Dana Desa (DD) tahap II tahun 2021.

“Untuk tahap I semua desa sudah melakukan pencairan, sedangkan tahap II baru 14 desa,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (P3AMD) Kota Ambon, Meggy Lekatompessy, Kamis (5/8/2021).

Belasan desa yang sudah mencairkan DD tahap II adalah Hukurila, Rutong, Leahari, Halong, Nania, Negeri Lama, Latta, Waiheru, Poka, Rumah Tiga, Wayame, Laha, Hunuth dan Galala.

“Semoga dengan penyaluran DD tersebut bisa membawa desa-desa dan masyarakat di Kota Ambon menjadi lebih baik,” harapnya.

Menurutnya, pencairan DD tergantung pemerintah desa setempat. Dia meminta desa yang belum melakukan pencairan segera memasukan laporan, sehingga bisa secepatnya diproses.

“Kami sangat berharap mereka bisa secepatnya memasukan laporan agar bisa diproses. Apalagi saat ini sangat dibutuhkan masyarakat,” ujar Meggy.

Dia menjelaskan, berdasarkan peraturan pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, maupun Kementerian Dalam Negeri terdapat tiga prioritas utama penggunaan DD.

Yaitu, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT), menyisihkan minimal 8 persen untuk penanganan Covid-19, dan pencegahan stunting.

“Kebanyakan (yang diprioritaskan) itu pada dua poin pertama, setelah itu stunting,” katanya. (ANA)

  • Bagikan