banner 728x250

Cuaca Ekstrem, Empat Daerah di Maluku Status Darurat Bencana

  • Bagikan
Hujan lebat yang mengguyur Kota Ambon menyebabkan banjir di kawasan Batu Merah, Minggu (11/7/2021). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Pemerintah Provinsi Maluku menetapkan Kota Ambon, Kabupaten Buru, Maluku Tengah, dan Seram Bagian Timur, status darurat bencana.

Status itu disematkan setelah bencana banjir dan longsor menerjang empat daerah tersebut akibat cuaca ekstrem, beberapa waktu lalu.

“Betul berdasarkan pernyataan gubernur Maluku sesuai ketentuan tentang status tanggap darurat bencana banjir dan longsor untuk Pulau Ambon didalamnya ada Kota Ambon dan Maluku Tengah, Buru dan SBT,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, Henri Farfar, Kamis (15/7/2021).

Selama 14 hari status darurat bencana  ditetapkan terhitung sejak Selasa (13/7/2021). Penetapan status darurat ini berdasarkan laporan dari masing-masing bupati/walikota.

Status darurat bencana menjadi dasar setiap daerah mengajukan usulan kepada Pemerintah Pusat melalui BNPB.

Tembusannya kepada Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan Bappenas agar bisa mendapat bantuan perbaikan infrastruktur yang rusak akibat dilanda banjir dan longsor.

Menurutnya, sampai saat ini pendataan kerusakan infrastruktur masih terus dilakukan oleh Dinas PUPR kabupaten/kota tersebut.

“Dinas PUPR Provinsi Maluku akan himpun data juga dari Balai Jalan dan Jembatan dan Balai Wilayah Sungai untuk selanjutnya kita siapkan dalam bentuk proposal dikirim ke Jakarta,” ujar Henri. (ANA)

  • Bagikan