banner 728x250

Digadang-gadang Maju Pilgub Maluku, Ini Jawaban Herman Koedoeboen

  • Bagikan
HERMAN PILGUB
Herman Adrian Koedoeboen, namanya santer terdengar bakal kembali maju di Pilgub Maluku tahun 2024. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Sosok Herman Adrian Koedoeboen santer terdengar bakal kembali masuk bursa pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku tahun 2024.

Meski pemilihan masih dua tahun lagi, namun nama mantan jaksa bintang dua ini telah mencuat di publik.

Selain Murad Ismail sebagai incumbent, nama Jeffry Apoly Rahawarin, Febry Calvin Tetelepta dan Herman Adrian Koedoeboen disebut-sebut bakal berlaga di pentas Pilgub Maluku 2024.

Berbeda dengan Pilgub Maluku tahun 2013 dan 2018, Herman maju sebagai calon gubernur. Pada Pilgub Maluku 2024, dia digadang-gadang akan dipinang sebagai calon wakil gubernur Maluku mendampingi petahana Murad Ismail.

Figur Herman dianggap mampu menghadang superioritas Jeffry Rahawarin meraup suara di wilayah Maluku Tenggara Raya pada Pilgub Maluku 2024 mendatang.

Sinyal itu menguat setelah Herman mengantongi kartu tanda anggota (KTA) PDIP yang ditandatangani Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Foto Herman terpajang di KTA yang diterbitkan DPC PDIP Jakarta Pusat tanggal 6 Agustus 2022.

Dua Kali Maju Pilgub

Menjadi kontestan Pigub Maluku bukan hal baru bagi Herman. Bupati Maluku Tenggara periode 2003–2008 ini sudah dua kali menjajal perhelatan pesta demokrasi di Maluku.

Berlaga di pentas Pilgub Maluku pada 2013, diusung PDIP, Herman sebagai calon gubernur menggandeng pengusaha, Daud Sangadji.

Gagal di Pilgub Maluku tahun 2013 tak mengendorkan semangat Herman. Dia kembali maju sebagai calon gubernur lewat jalur independen tahun 2018 bersama dengan mantan Bupati Seram Bagian Timur Abdullah Vanath. Herman menantang dua pasangan calon gubernur lain yang didukung oleh partai politik.

Pilgub Maluku tahun 2018 diikuti pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku Said Assagaff-Andreas Rentanubun, Murad Ismail-Barnabas dan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath. (FOTO: ANTARA)

Bertarung melawan pasangan petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun yang didukung Partai Golkar, PKS dan Partai Demokrat, serta Murad Ismail-Barnabas Orno yang diusung PDIP, NasDem, Hanura, PKB, PKPI, PPP, dan PAN.

Pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno mengungguli dua rivalnya di Pilgub Maluku 2018.

  • Bagikan