banner 728x250

Gempa 4,8 Magnitudo Guncang Tanimbar, tak Berpotensi Tsunami

  • Bagikan
Ilustrasi gempa bumi. (FOTO: ISTOCK)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Gempa tektonik berkekuatan 4,8 magnitudo mengguncang Kabupaten Kepulauan Kepulauan Tanimbar, Maluku, Selasa (8/6/2021).

Gempa yang terjadi pada pukul 15.40 WIT itu berada pada lokasi 6,47 Lintang Selatan dan 131.37 Bujur Timur.

Data yang diterima sentraltimur.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon menyebutkan pusat gempa berjarak 85 km barat laut Larat, Kepulauan Tanimbar dan 167 km bagian utara Saumlaki. Pusat kedalaman gempa berjarak 110 km di bawah permukaan laut.

Sejauh ini belum ada laporan resmi mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan dari gempa bumi tersebut.

BMKG memastikan gempa yang terjadi tidak berpotensi menimbulkan tsunami, sehingga warga diminta untuk tidak perlu panik.

“Gempa 4,8 magnitudo di Kepulauan Tanimbar tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala BMKG Stasiun Ambon, Sunardi dalam keterangan tertulis, Selasa. 

Wilayah Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. (MMS)

Penulis: MEHMET SALAHUDINEditor: YANTO
  • Bagikan