banner 728x250

Gempa 5,0 Magnitudo Guncang Maluku Barat Daya, Tak Berpotensi Tsunami

  • Bagikan
Maluku Barat
Ilustrasi kekuatan gempa bumi. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kabupaten Maluku Barat Daya diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,0 magnitudo, Rabu (13/10/2021) Pukul 18.57 WIT.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon gempa tersebut berada pada lokasi 7.34 Lintang Selatan  dan 129.51 Bujur Timur atau 39 kilometer bagian utara Tepa dan 196 kilometer timur laut Tiakur-MBD.

Adapun gempa tersebut merupakan gempa menengah karena berada pada kedalaman 153 kilometer di bawah permukaan laut.

BACA JUGA:

Miris! Sumbang 6 Medali PON, Atlet Dayung Maluku Terlantar di Bandara – sentraltimur.com

Menteri BUMN Erick Thohir: BUMN Buka Kolaborasi Komunitas Kreatif – kliktimes.com

Sejauh ini belum ada laporan resmi dampak yang dari gempa yang terjadi di Kabupaten Maluku Barat Daya tersebut. BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” bunyi pernyataan BMKG Stasiun Ambon.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami  di indoinesia. Sebab wilayah Maluku terletak pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan terjadinya patahan tidak beraturan yang mengakibatkan terjadinya gempa.

Hadapi Gempa dan Tsunami BMKG Siapkan Rencana Aksi

Hadapi bencana gempa dan tsunami, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membantu Pemerintah Provinsi Maluku. BMKG meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi tektonik dan tsunami dengan mengeluarkan rencana aksi.

  • Bagikan