banner 728x250

Gempa Guncang Seram Bagian Timur, Tak Berpotensi Tsunami

  • Bagikan
Ilustrasi gempa bumi. (FOTO: ISTOCK)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Gempa tektonik berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Sabtu (12/6/2021).

Gempa yang terjadi pada pukul 20.20 WIT itu ikut dirasakan getarannya oleh warga di SBT dengan skala II MMI.

Data yang diterima sentraltimur.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon, pusat gempa berada pada pada koordinat 3,67 Lintang Selatan dan 131,56 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 134 km arah tenggara, SBT pada kedalaman 26 km. 

Belum ada laporan resmi mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut. Namun BMKG memastikan gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno.

Dia menjelaskan gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di Palung Seram atau Seram Trough.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di Palung Seram,” ujarnya.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi memiliki mekanisme pergerakan mendatar atau strike-slip fault. 

Bambang memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami sehingga warga diminta tetap tenang dan tidak panik.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami, sehingga warga harus tetap tenang,” katanya. (MMS)

Penulis: MEHMET SALAHUDINEditor: YANTO
  • Bagikan