banner 728x250

Kementerian Pertanian Rakor Pengawasan Ketahanan Pangan di Maluku

  • Bagikan
KEMENTERIAN RAKOR
Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Jan Samuel Maringka menghadiri rapat koordinasi pengawasan bidang ketahanan pangan di Ambon, Kamis (24/11/2022). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kementerian Pertanian melalui Inspektorat Jenderal bersama Aparatur Penegak Hukum (APH) di Provinsi Maluku meningkatkan kolaborasi untuk mensukseskan program Jaga Pangan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan kerja sama yang kuat pemerintah pusat dan daerah harus selaras dengan program jangka panjang Kementan, terutama berkaitan dengan ketahanan pangan dan peningkatan daya saing berkelanjutan.

“Di antaranya melalui peningkatan kapasitas produksi, penguatan cadangan pangan dan pembangunan sistem logistik pangan,” kata Syahrul Limpo dalam sambutan tertulis.

Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Bidang Ketahanan Pangan dihadiri Inspektur Jenderal Kementan, Jan Samuel Maringka.

Jan menekankan dalam pembangunan pertanian di daerah diperlukan kolaborasi dan sinergi yang efektif antara Kementan khususnya aparatur pengawasan intern pemerintah (APIP) dengan pemerintah daerah dan unsur APH di daerah.

“Dengan adanya kolaborasi dan sinergi tersebut diharapkan kegiatan Kementan di daerah dapat berjalan dengan baik. Sesuai dengan aturan, serta mencapai tujuan yang diharapkan, sehingga ketahanan pangan dapat terwujud,” kata Jan Maringka pada Rakorwas Bidang Ketahanan Pangan di Ambon, Maluku, Kamis (24/11/2022).

Oleh karena itu, eks Jamintel Kejaksaan Agung ini mengajak APIP dan APH di daerah bersama membentuk komitmen untuk menjaga pangan sehingga ke depan kontribusi sektor pertanian dapat terus meningkat.

Rakorwas Bidang Ketahanan Pangan juga dihadiri Kapolda Maluku Irjen. Pol. Lotharia Latif, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Edyward Kaban, perwakilan Pemprov Maluku, BPKP Perwakilan Maluku, dan Kepala UPT lingkup Kementan di Maluku.

Monitoring & Evaluasi

Jan Maringka kunjungan kerja di Maluku pada 23 -24 November 2022. Mantan Kajati Maluku ini melakukan monitoring dan evaluasi bersinergi mewujudkan ketahanan pangan.

  • Bagikan