banner 728x250

KPK Kembali Periksa Anak Richard Louhenapessy & Pejabat Pemkot Ambon

  • Bagikan
Mantan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengenakan rompi tahanan KPK usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK Merah Putih, Jakarta pada Jumat (13/5/2022). Erleen Louhenapessy (kanan) putri Richard Louhenapessy diperiksa sebagai saksi. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa anak mantan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.

Giliran Erleen Louhenapessy, putri sulung Richard diperiksa sebagai saksi oleh penyidik KPK. Pemeriksaan Erleen dalam kapasitasnya sebagai wiraswasta.

Sebelumnya lembaga antirasuah juga telah memeriksa Grenata Louhenapessy, putri politisi Partai Golkar itu pada Kamis (14/7/2022).

Ketika itu eks Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan RI tersebut menjalani pemeriksaan di gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan.

Erleen Louhenapessy diperiksa bersama sejumlah saksi di markas Brimob Polda Maluku, kota Ambon, Jumat (5/8/2022).

Pemeriksaan dalam kasus dugaan suap persetujuan izin prinsip pembangunan gerai Alfamidi tahun 2020 di Kota Ambon dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat Richard.

Dalam kasus izin pembangunan gerai Alfamidi, KPK telah menetapkan Richard dan dua tersangka lainnya sebagai tersangka. Yaitu pegawai honorer pada Pemkot Ambon Andrew Erin Hehanussa dan Kepala Perwakilan Regional Alfamidi Amri.

KPK juga telah menetapkan wali kota Ambon periode 2011-2016 dan 2017-2022 itu sebagai tersangka TPPU. Eks Ketua DPRD Maluku itu disinyalir sengaja menyembunyikan atau menyamarkan asal-usul kepemilikan harta benda menggunakan indentitas pihak-pihak tertentu.

“Hari ini  pemeriksaan saksi tindak pidana korupsi dan TPPU  persetujuan prinsip pembangunan gerai Alfamidi tahun 2020 di Kota Ambon dengan tersangka RL,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada sentraltimur.com dalam keterangan tertulis, Jumat.

Bersamaan KPK juga memeriksa 10 saksi lainnya. Yakni Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Ambon; Tjiang Roberth Chanda, Bendahara Sekretaris Kota Ambon; Yolanda Lenny Rosfader dan mantan Kepala Bappeda Kota Ambon; Dominggus Matulapelwa.

Pemeriksaan Saksi di Ambon & Jakarta

Selanjutnya, Kasubag LPSE, Sekretariat Kota Ambon Pokja II, Yudha Sumantri, Kasubag Biro Pemerintahan Selly Shirley Pordania Kalahatu, dua ASN pemkot Ambon Handry Marcus Tomasoa dan Yunus Syaranamual dan seorang pegawai honorer, Welson Fernelanan.

  • Bagikan