banner 728x250

KPK Telusuri Aset Hasil Korupsi Bekas Wali Kota Ambon di Jakarta

  • Bagikan
MASA RICHARD
KPK menahan Wali Kota Ambon Ambon Richard Louhenapessy dan Andrew Erin Hehanussa, pegawai honorer pada Pemkot Ambon, Jumat (13/5/2022). (FOTO: TANGKAPAN LAYAR VIDEO)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri dugaan kepemilikan aset tersangka Richard Louhenapessy di Jakarta. Aset tersebut diduga hasil korupsi yang dilakukan mantan wali kota Ambon dua periode itu.

Penelusuran aset tersebut setelah penyidik KPK memeriksa lima orang saksi yang terkait dugaan korupsi yang menjerat Richard.

Mereka yang diperiksa merupakan pejabat pemerintah kota Ambon dan pihak swasta. Yaitu Sekretaris Dinas PUPR Ivony AW Latuputty; mantan Kepala dinas PUPR Enrico Rudolf Matitaputty dan eks Sekkot Ambon Anthony Gustav Latuheru. Berikut seorang wiraswasta, Suminsen dan seorang ibu rumah tangga Rakhmiaty.

Pemeriksaan di dua tempat berbeda pada Kamis (7/7/2022) lalu. Tiga di antaranya diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta. Sementara dua sisanya di kantor Mako Brimo Polda Maluku di kota Ambon.

“Dikonfirmasi terkait adanya dugaan kepemilikan berbagai aset dari tersangka RL di beberapa daerah di antaranya di Jakarta,” kata Plt Juru Bicara KPK dalam keterangan tertulisnya kepada sentraltimur.com, Sabtu (9/7).

Selain kepemilikan aset, penyidik KPK kata Ali Fikri juga mendalami pemberian uang atau gratifikasi dalam proses pengajuan izin prinsip pembangunan cabang retail Alfamidi.

“Seluruh saksi memenuhi panggilan tim penyidik dan didalami lebih lanjut. Antara lain terkait proses pengajuan izin prinsip pembangunan cabang retail tahun 2020 di Kota Ambon dan dugaan adanya pemberian uang untuk setiap tahapan permohonannya,” ungkapnya.

Richard Terjerat Dua Kasus

Richard terjerat dua kasus pidana khusus. KPK telah menetapkan eks ketua DPRD Maluku itu sebagai tersangka dugaan suap persetujuan izin prinsip pembangunan 20 gerai Alfamidi tahun 2020 di Kota Ambon dan penerimaan gratifikasi.

  • Bagikan