banner 728x250

Kunjungi MBD, Irjen Kementan Monitor Potensi Kerbau Moa

  • Bagikan
POTENSI MOA
Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Jan Samuel Maringka berdialog dengan peternak kerbau di desa Werwaru, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Rabu (23/11/2022). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Jan Samuel Maringka mengunjungi peternak kerbau di desa Werwaru, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Kunjungan Jan ke daerah yang berbatasan dengan negara tetangga Timor Leste ini menindaklanjuti kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo di desa Werwaru pada 15 September 2022.

Dalam kunjungan kerjanya, Rabu (23/11/2022), Jan melihat langsung potensi kerbau Moa yang merupakan plasma nutfah asal Maluku. Hewan memamah biak itu tersebar di Kepulauan Leti, Moa, Lakor yang merupakan tiga pulau besar di wilayah Kecamatan Serwaru, MBD.

Kementan yang mengusung jargon ‘Jaga Pangan Jaga Masa Depan’ berkomitmen membangun kemitraan strategis dengan stakeholder pertanian.

Kunjungan itu juga dalam rangka memajukan pertanian dan peternakan Indonesia dan mendukung komitmen pemerintah di bidang ketahanan pangan.

Jan berdialog dengan peternak kerbau Moa. Mantan Jamintel Kejaksaan Agung itu menekankan melalui fungsi pengawasannya akan memastikan program pemerintah melalui Kementan di MBD khususnya pengembangan kerbau Moa, tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran.

“Tentunya bertujuan untuk mewujudkan pertanian yang berkualitas dan mengembangkan potensi daerah dalam menjaga ketahanan pangan,” kata Jan.

Dia berharap, melalui kunjungan ini pengembangan kerbau Moa sebagai salah satu potensi daerah guna menjaga ketahanan pangan khususnya daging dapat terwujud.

“Hal tersebut tentu perlu didukung dengan adanya kolaborasi lintas sektor baik di pusat maupun daerah,” ujar eks Kajati Maluku ini.

Dialog Jan bersama peternak kerbau juga dihadiri Bupati MBD Benyamin Thomas Noach dan Kepala Kejaksaan Negeri MBD Bambang Rudi Hartoko.

Jadi Perhatian Presiden

Potensi kerbau Moa menjadi perhatian Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke MBD, September lalu. Eks Gubernur DKI Jakarta itu berdialog dengan peternak kerbau di desa Werwaru, Pulau Moa.

Jokowi didampingi Iriana Jokowi, Menteri Pertahanan dan Keamanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Gubernur Maluku Murad Ismail dan Bupati MBD Benyamin Thomas Noach.

Bertemu kepala negara, peternak kerbau ketika itu mengeluhkan sulitnya memperoleh kebutuhan air bersih ketika musim kemarau. Kepala Desa Werwaru Elias Tenggawna dihadapan Jokowi mengatakan minimnya ketersediaan air mengancam jumlah populasi kerbau,

“Kendala di Pulau Moa ini adalah air. Ketika musim kemarau jumlah kerbau yang mati banyak karena sulitnya air,” kata Elias.

  • Bagikan