banner 728x250

Lebih Awal, Warga Desa Wakal Mulai Puasa Ramadhan 21 Maret

  • Bagikan
Warga desa Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah menunaikan shalat tarawih perdana, Senin malam. Warga Wakal mengawali ibadah puasa Ramadhan 1441 Hijriah, Selasa (20/3/2023). (FOTO: ANTARA).
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Warga Negeri (desa) Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1441 Hijriah pada Selasa (21/3/2023).

Puasa hari pertama bagi warga di desa Wakal ditandai dengan dilaksanakannya shalat tarawih perdana, Senin malam (20/3/2023). “Hari ini kami sudah puasa hari pertama. Kita sudah shalat tarawih berjamaah di masjid,” kata Raja (kepala desa) Wakal, Ajha Suneth kepada sentraltimur.com via telepon seluler, Selasa.

Warga di Desa Wakal setiap tahunnya selalu melaksanakan ibadah puasa lebih awal dari kebanyakan warga di Maluku, begitu pun saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Penentuan 1 Ramadhan di desa Wakal kerap lebih dahulu karena warga Wakal tidak berpatokan pada keputusan majelis ulama Indonesia (MUI), namun pada putusan rapat desa.

Menurut Ajha penentuan 1 Ramadhan 1444 Hijriah tahun 2023 di Desa Wakal telah diputuskan melalui rapat bersama antara para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat sejak sebulan lalu.

“Jadi itu sudah diputuskan pada pada bulan Syahban lalu. Diputuskan tokoh agama, tokoh adat, saya juga ikut didalamnya,” katanya.

Ajha tidak menjelaskan secara rinci metode hisab yang digunakan warga untuk menentukan awal Ramadhan. Tetapi dia mengaku warga di desanya menggunakan perhitungan khusus dalam menentukan awal puasa. “Sudah diketahui jatuhnya kapan, harinya kapan. Tidak ada kalender khusus itu dihitung dengan pendekatan ilmu falak jadi sudah diketahui,” kata Ajha.

  • Bagikan