banner 728x250

Longsor di Saparua Timur, Akses Antardesa Lumpuh Total

  • Bagikan
Longsor dan pergerakan tanah di desa Siri Sori Islam menutup badan jalan melumpuhkan akses antardesa di kecamatan Saparua Timur, kabupaten Maluku Tengah. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Musibah longsor dan pergerakan tanah terjadi di desa Siri Sori Islam, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah.

Peristiwa itu terjadi tepat di kawasan hutan dusun Sanalo atau di ujung perkampungan desa tersebut pada Selasa (12/7/2022) malam.

Longsor dan pergerakan tanah dipicu oleh hujan deras yang mengguyur kawasan itu beberapa hari terakhir.

Musibah itu juga menutup badan jalan yang menghubungan desa Siri Sori Islam dengan sejumlah desa di kecamatan Saparua Timur.

“Longsor itu terjadi di sebuah bukit, material longsor menutup badan jalan. Kejadiannya itu dari kemarin sore sampai malam,” kata Camat Saparua Timur Abdul Khalid Pattisahusiwa kepada sentraltimur.com, Rabu (13/7/2022).

Material longsor yang menutup badan jalan tak hanya tanah namun juga pepohonan dan tanaman umur panjang milik warga.

Hingga saat ini jalan di lokasi tersebut belum bisa dibersihkan lantaran banyaknya material longsor yang menutup badan jalan. “Belum dibersihkan, kita masih menunggu alat berat datang,” ujarnya.

Akibat kejadian itu, akses transportasi yang menghubungkan desa Siri Sori dengan sejumlah desa seperti desa Ulath dan Ouw di kecamatan tersebut lumpuh total.

  • Bagikan